Israel Setuju Lakukan Pertemuan Ekonomi dengan Palestina

Gaza, MINA – Pendudukan setuju dan memberikan lampu hijau untuk mengatur dengan Otoritas guna mengadakan pertemuan puncak antara kedua belah pihak pada masa mendatang.

Menteri Kerjasama Regional di pemerintahan Israel, Issawi Freij, mengkonfirmasi kepada sumber media Israel, bahwa dia akan bertemu dalam beberapa hari mendatang, Menteri Ekonomi di pemerintahan Palestina, Khaled Al-Aseeli, diminta mengatur tanggal resmi untuk mengadakan pertemuan tersebut. KTT ekonomi JEC antara pihak Israel dan Palestina, setelah gangguan yang terus berlanjut sejak 2009.

Freij menyatakan, KTT akan berkontribusi untuk memperkuat ekonomi Palestina dengan menyediakan fasilitas di beberapa bidang, terutama pemberian visa masuk kepada pekerja Palestina dan fasilitas lainnya di bidang perdagangan lintas batas, di samping masalah ekonomi lainnya, Safa melaporkan, Selasa (19/7).

Patut dicatat, bahwa “Lampiran Ekonomi JEC” ditandatangani antara otoritas pendudukan dan Otoritas Palestina dalam Kesepakatan Oslo pada tahun 1994, “yang berkisar pada pekerjaan dan aktivitas komite dalam memperbarui kuota impor Palestina dan masalah kontrol lainnya.”

Patut dicatat bahwa sumber-sumber untuk media i24 News Israel menunjukkan, pemerintah pendudukan “Naftali Bennett” menolak untuk mengadakan KTT karena takut akan dampak politiknya terhadap partai sayap kanannya dan pemerintahannya selama masa jabatannya sebagai perdana menteri. (T/B04/P2)

Mi’raj News Agency (MINA)

Ikuti saluran WhatsApp Kantor Berita MINA untuk dapatkan berita terbaru seputar Palestina dan dunia Islam. Klik disini.