Israel Tangkap 81 Nelayan Dalam Pertengahan Tahun

Jalur Gaza, 17 Syawwal 1437/22 Juli 2016 (MINA) – Pasukan Israel telah menangkap 81 nelayan Palestina di dekat Jalur Gaza pada pertengahan 2016.

Pusat Studi Tahanan Palestina mengatakan otoritas Israel sengaja menargetkan nelayan Gaza dengan menembak mereka atau menghancurkan kapal untuk terus memblokade mereka.

Menurut laporan itu, pada pertengahan 2016 terjadi peningkatan 200 persen jumlah nelayan yang ditargetkan dibandingkan tahun lalu, demikian yang diberitakan Middle East Monitor (MEMO) dan dikutip Mi’raj Islamic News Agency (MINA), Jumat.

“Lima puluh dua nelayan ditangkap pada tahun 2015 sementara 81 nelayan ditangkap pada pertengahan tahun ini,” demikian laporan Pusat Studi Tahanan Palestina.

Lebih dari setengah penangkapan terjadi selama Mei dan Juni, dengan 42 nelayan yang ditahan. Ayamn Mohamed Sultan (15) adalah di antara mereka yang ditahan, ia ditangkap setelah dia ditembak dua kali di kaki,

“Jaksa pendudukan Israel dari nelayan bertujuan untuk mencegah sektor yang cukup untuk melanjutkan hidup nelayan dan keluarga mereka dan menambah daftar panjang orang-orang yang pengangguran di wilayah yang diblokade dan meningkatkan beban warga Palestina dan pemerintah karena profesi ini merupakan sumber pendapatan utama bagi ribuan warga,” tambah laporan itu.

Selain itu, para nelayan dipaksa bekerja sama dengan dinas intelijen Israel dan bekerja sebagai agen terhadap pemerintah daerah,.(T/P004/R05)

Mi’raj Islamic News Agency (MINA)