ISRAEL TARIK PASUKAN DARI PERBATASAN GAZA

Evakuasi Tentara penjajah Israel . Foto : Al Qassam
Evakuasi Tentara penjajah . Foto : Al Qassam

, 9 Syawal 1435/5 Agustus 2014 (MINA) –  Tentara Penjajah Zionis Israel menarik pasukannya dari perbatasan Jalur Gaza pada Selasa (5/8), menyusul kesepakatan 72 jam yang dimulai pada pukul 08:00 pagi waktu setempat.

“Sebuah sumber militer senior mengatakan tentara Israel telah selesai menghancurkan 32 terowongan Gaza sebelum saat gencatan senjata,” kata harian Israel YnetNews.

Sebelum gencatan senjata diberlakukan, Zionis Israel terus melakukan serangan ke beberapa lokasi di Jalur Gaza yang hingga hari ini telah menewaskan 1.865 warga Palestina dan melukai 9.563 lainnya, koresponden Mi’raj Islamic News Agency (MINA) melaporkan.

Serangan kembali dibalas para Palestina yang mengenai pusat kota Israel dan beberapa lokasi lain seperti Ashdod, Ashkelon, Kiryat Malachi, Gan Yavne, Ma’ale Adumim, area Shfela, Rishon LeZion and Rehovot.

Penarikan itu dilakukan menyusul janji Zionis Israel ketika menyetujui gencatan senjata yang  diajukan Mesir.

“Jika gencatan senjata berlangsung, tidak akan ada artinya untuk melanjutkan keberadaan tentara Israel di Jalur Gaza,” kata seorang pejabat senior Israel yang tidak disebutkan namanya.

Pada Selasa dini hari, Gerakan perlawanan di Palestina menyepakati usulan gencatan senjata yang diajukan Mesir selama 72 jam mulai pukul 8 pagi waktu Gaza, koresponden MINA melaporkan.

“Kami telah mengirimkan pesan kepada ketua intelijen Mesir bahwa Hamas menyepakati gencatan senjata 72 jam yang diajukan Mesir,” kata Juru Bicara Hamas Sami Abu Zuhri.

Dalam wawancaranya dengan Televisi Al-Aqsha, Abu Zuhri menyatakan Hamas menyepakati gencatan senjata dengan syarat pasukan penjajah Zionis Israel ditarik seluruhnya keluar dari perbatasan Jalur Gaza.

Abu Zuhri mengungkapkan delegasi Hamas akan bertemu di Kairo untuk menyepakati gencatan senjata permanen dengan syarat penghentian semua serangan Zionis Israel terhadap Gaza, di samping membuka blokade terhadap Gaza secara penuh baik di darat, laut, mau pun udara terutama di perbatasan-perbatasan.

Kemudian mengizinkan bahan-bahan bangunan untuk masuk serta menyelesaikan masalah lainnya seperti terbatasnya aliran listrik yang selama ini mendera Gaza.(L/K01/P03/P02)

Mi’raj Islamic News Agency (MINA)

 

Ikuti saluran WhatsApp Kantor Berita MINA untuk dapatkan berita terbaru seputar Palestina dan dunia Islam. Klik disini.

Comments: 0