ISRAEL TERUS LAKUKAN PENANGKAPAN DAN PENGGREBEKAN SEJAK NOPEMBER

Pasukan Israel tangkap pemuda Palestina di Nablus (Foto: Press Tv)
Pasukan Israel tangkap pemuda Palestina di Nablus (Foto: Press Tv)

Nablus, 9 Rabiul Awwal 1436/31 Desember 2014 (MINA) – Sumber-sumber keamanan Palestina mengatakan, pasukan Israel menangkap seorang pria saat penggerebekan di kota Tepi Barat yang diduduki Nablus.

Pasukan Israel dan kendaraan militer memasuki Nablus pada Selasa dan menangkap orang Palestina, yang diidentifikasi sebagai Muhammad Imad Fahd, 23, dan Ghazi eIran, Press Tv melaporkan dan dikutip Mi’raj Islamic News Agency (MINA).

Penangkapan ini adalah rangkaian penangkapan dan penggerebekan yang makin banyak dilakukan Israel sejak Nopember, terutama sekali akibat meningkatnya perlawanan warga Palestina terutama pemuda-pemudanya terhadap tentara pendudukan Israel.

Pada Selasa lalu hari yang sama, pasukan Israel juga menyerbu rumah-rumah beberapa orang Palestina di kamp pengungsi Askar al-Jadid. Serangan tersebut memicu bentrokan, pasukan Israel menembakkan gas air mata, granat, dan peluru berlapis karet ke arah pengunjuk rasa Palestina. Tapi tidak ada cedera yang dilaporkan.

Bentrokan  juga terjadi antara pemukim ilegal Israel dan pemukim Palestina. Konflik tersebut diawali dari sebagian pemukim ilegal Israel menyerang desa Qasra, selatan Nablus.

Pasukan Israel juga menangkap sebanyak 549 orang Palestina dari Timur Al-Quds (Yerusalem) dan Tepi Barat yang diduduki sejak November hingga Desember 2014.

Dilaporkan lebih dari 7 ribu warga Palestina berada di 17 penjara Israel. Di antara para tahanan Palestina di penjara Israel, ada 18 perempuan, 250 anak-anak, 1.500 tahanan yang sakit, yang sebagian besar dalam kondisi kritis, dan 540 warga Palestina yang ditahan tanpa pengadilan apapun di bawah penahanan administratif. (T/P011/P2)

 

Mi’raj Islamic News Agency (MINA)

 

 

Comments: 0