Israel Tunjuk Aharon Barak Hadapi Afsel di Mahkamah Internasional ICJ

Tel Aviv, MINA – Otoritas pendudukan Zionis menunjuk mantan Ketua Mahkamah Agung (MA) Aharon Barak untuk menghadapi gugatan Afrika Selatan di Mahkamah Internasional .

Sebelumnya, Al-Jazeera mengatakan, Israel siap menghadapi gugatan Afrika Selatan atas dugaan aksi di wilayah Palestina, terutama di Gaza pada serangan 7 Oktober lalu.

Juru bicara Perdana Menteri Israel Benjamin Netanyahu, Eylon Levy menyatakan, serangan yang dilakukan Israel ke Gaza dengan alasan memburu teroris dan membalas serangan mereka yang sebelumnya dilakukan.

Afrika Selatan resmi mengadukan Israel atas dugaan genosida terkait agresi brutalnya di Jalur Gaza Palestina ke ICJ di penghujung tahun 2023 lalu.

Dalam dokumen “gugatan” setebal 84 halaman yang diajukan ke ICJ, Afrika Selatan menganggap tindakan Israel di Gaza masuk kriteria “genosida karena dimaksudkan menghancurkan sebagian besar warga Palestina di Gaza.”

ICJ akan menggelar public hearing terkait gugatan Afsel atas Israel dalam perang di Gaza pada 11 dan 12 Januari 2024 ini.

Israel telah menggempur Jalur Gaza sejak serangan lintas batas oleh kelompok Palestina Hamas pada 7 Oktober, menewaskan sedikitnya 22.185 warga Palestina, dan melukai sekitar 58.000 lainnya. (R/P2/P1)

Mi’raj News Agency (MINA)

Wartawan: Widi Kusnadi

Editor: Ismet Rauf

Ikuti saluran WhatsApp Kantor Berita MINA untuk dapatkan berita terbaru seputar Palestina dan dunia Islam. Klik disini.