Image for large screens Image for small screens

SCROLL TO CONTINUE WITH CONTENT

Damai di Palestina = Damai di Dunia

ADVERTISEMENT

SCROLL TO CONTINUE WITH CONTENT

Israel Tutup Masjid Ibrahimi untuk Perayaan Hari Raya Yahudi

sri astuti Editor : Rudi Hendrik - 9 detik yang lalu

9 detik yang lalu

0 Views

Ribuan Yahudi Israel Serbu Masjid Ibrahimi dan Lakukan Ritual Talmud (foto,: Wafa)
Ribuan Yahudi Israel serbu Masjid Ibrahimi dan lakukan ritual Talmud (foto,: Wafa)

Hebron, MINA – Israel kembali menutup Masjid Ibrahimi di kota Hebron, Tepi Barat yang diduduki, bagi jamaah Muslim demi mengizinkan para pemukim ilegal merayakan hari raya Yahudi Sukkot, Ahad (20/10).

“Situs tersebut akan tetap ditutup hingga Selasa,” kata Ghassan al-Rajabi, Direktur Jenderal Wakaf Palestina di Hebron, kepada Anadolu.

Ia menyebut penutupan Masjid tersebut sebagai “bagian dari pembagian temporal dan spasial” oleh Israel.

Rajabi mengatakan, para pemukim ilegal Israel secara permanen menempati lebih dari dua pertiga kompleks masjid untuk melaksanakan ritual keagamaan mereka.

Baca Juga: Komandan Brigade Lapis Baja Israel Tewas di Utara Gaza

“Ini adalah upaya untuk memaksakan realitas baru yang memungkinkan para pemukim untuk hadir di sana secara permanen, sambil merampas hak-hak beragama umat Muslim,” tambahnya.

Masjid Ibrahimi terletak di kota tua Hebron di Tepi Barat selatan, yang berada di bawah kendali Israel. Sekitar 400 pemukim ilegal tinggal di sana, dijaga oleh sekitar 1.500 tentara Israel.

Kompleks Masjid Ibrahimi di Hebron yang dihormati oleh umat Muslim dan Yahudi diyakini sebagai tempat pemakaman para nabi, yaitu Ibrahim, Ishak, dan Yakub.

Setelah pembantaian 29 jamaah Palestina di dalam masjid pada tahun 1994 oleh seorang pemukim ekstremis Yahudi, Baruch Goldstein, otoritas Israel membagi kompleks masjid tersebut antara jamaah Muslim dan Yahudi. []

Baca Juga: Ribuan Pemukim Yahudi Lakukan Ritual Talmud di Masjid Al-Aqsa

Mi’raj News Agency (MINA)

Rekomendasi untuk Anda