Image for large screens Image for small screens

SCROLL TO CONTINUE WITH CONTENT

Damai di Palestina = Damai di Dunia

ADVERTISEMENT

SCROLL TO CONTINUE WITH CONTENT

Israel Yakin Hizbullah Lebanon yang Pertama Lancarkan Serangan Besar

Rudi Hendrik Editor : Widi Kusnadi - Kamis, 8 Agustus 2024 - 16:04 WIB

Kamis, 8 Agustus 2024 - 16:04 WIB

29 Views

Gerakan perlawanan Lebanon, Hizbullah, menembakan roket  ke pangkalan militer pasukan militer Zionis (IDF) di Dataran Tinggi Golan.(Foto: Press TV)

Tel Aviv, MINA – Pejabat Israel sangat yakin bahwa Hizbullah Lebanon, bukan Iran, yang akan menjadi pihak pertama melancarkan serangan besar terhadap Israel dalam beberapa hari mendatang, menurut laporan media Ibrani, Rabu (7/8).

Mengutip dua sumber yang mengetahui intelijen tentang masalah tersebut, CNN melaporkan bahwa Hizbullah tampaknya semakin siap untuk bertindak terhadap Israel membalas kematian komandan tertingginya Fuad Shukr, “terlepas” dari tanggapan Iran yang diperkirakan untuk membalas pembunuhan terhadap Ismail Haniyeh di Teheran baru-baru ini.

Dilansir dari Times of Israel, salah seorang sumber mengatakan, Hizbullah bergerak lebih cepat daripada Iran dalam mempersiapkan serangan, yang tampaknya akan dilancarkannya dalam beberapa hari mendatang.

Menurut jaringan berita AS, beberapa pejabat mengatakan, Iran tampaknya masih menyusun rencana pembalasannya. Seorang pejabat militer AS yang dikutip mengatakan, Teheran telah membuat beberapa — tetapi tidak semua — persiapan yang diperkirakan untuk serangan skala besar terhadap Israel.

Baca Juga: Turki Gelar Perkemahan Khusus Media Peduli Palestina

Sumber kedua mengatakan bahwa tidak seperti Iran, Hizbullah kemungkinan dapat memulai serangan dengan sedikit atau tanpa tanda-tanda awal, karena Lebanon berbatasan langsung dengan Israel.

Sumber tersebut menambahkan bahwa tidak jelas bagaimana Iran dan proksi Lebanonnya bekerja sama dalam serangan potensial. Beberapa pejabat yakin bahwa keduanya mungkin tidak memiliki pandangan yang sama tentang bagaimana cara melanjutkannya. []

Mi’raj News Agency (MINA)

Baca Juga: Kelompok Houti Tembak Jatuh Pesawat MQ-9 Milik Amerika di Dhamar

Rekomendasi untuk Anda