Israel, Yunani, Siprus Sepakati Kerja Sama Militer

Nicosia, MINA – Israel, Yunani dan Siprus sepakat memperkuat kerja sama militer antara satu sama lain, media dan kantor berita Israel melaporkan.

Menteri pertahanan ketiga negara yang bertemu di Nicosia, ibu kota Siprus pada Kamis (12/11) menegaskan, perjanjian itu akan membuat angkatan bersenjata mereka lebih siap, serta menciptakan lebih banyak pekerjaan bagi warganya dan meningkatkan keamanan di kawasan itu.

“(Perjanjian) untuk mempromosikan kerja sama industri skala besar akan meningkatkan kemampuan pertahanan kami dan menciptakan ribuan pekerjaan untuk ketiga ekonomi,” lapor Times of Israel mengutip pernyataan Menteri Pertahanan Israel Benny Gantz, MEMO melaporkan Sabtu (14/11).

Menteri Pertahanan Yunani Nikolaos Panagiotopoulos mengindikasikan bahwa angkatan bersenjata Yunani, Israel dan Siprus bekerja untuk beroperasi bersama secara lebih efektif melalui program pelatihan bersama, berbagi intelijen dan keamanan dunia maya.

Sementara itu, Menteri Pertahanan Siprus Yunani Charalambos Petrides menegaskan, ketiga negara sedang berupaya melibatkan lebih banyak pihak dalam kemitraan mereka, terutama AS, yang kehadirannya di Mediterania Timur, menurut mereka, membantu menstabilkan kawasan tersebut.

Ketiga negara telah menjalin hubungan dekat di tengah meningkatnya ketegangan di daerah tersebut, yang meletus karena penolakan mereka terhadap hak ZEE Turki di seluruh Mediterania Timur. (T/RI-1/P2)

Mi’raj News Agency (MINA)