Image for large screens Image for small screens

SCROLL TO CONTINUE WITH CONTENT

Damai di Palestina = Damai di Dunia

ADVERTISEMENT

SCROLL TO CONTINUE WITH CONTENT

Italia Berlakukan Embargo Senjata ke Israel

sri astuti Editor : Arif R - 22 detik yang lalu

22 detik yang lalu

0 Views

Perdana Menteri Italia Giorgia Meloni berbicara kepada pers saat KTT Dewan Kerjasama Teluk-UE di Brussels, Belgia pada 16 Oktober 2024. (Foto: Anadolu)

Roma, MINA – Italia telah memberlakukan embargo senjata terhadap Israel di tengah invasi dan pemboman yang terus dilakukan oleh pendudukan di Jalur Gaza yang terkepung, dalam sebuah langkah yang menurut Roma mendahului tindakan yang belum diambil oleh negara-negara Barat lainnya.

Menurut Kantor Berita Italia, ANSA, Perdana Menteri Giorgia Meloni mengumumkan saat debat di Senat Italia bahwa, setelah invasi Israel ke Gaza pada bulan Oktober tahun lalu, “pemerintah segera menangguhkan semua lisensi ekspor baru, dan semua perjanjian yang ditandatangani setelah 7 Oktober tidak dilaksanakan”. Demikian dikutip dari MEMO, Jumat (18/10).

Menyatakan bahwa otorisasi lisensi ekspor senjata sedang “dianalisis berdasarkan kasus per kasus oleh otoritas yang kompeten di Kementerian Luar Negeri”, Perdana Menteri Italia menyatakan “kami telah memblokir semuanya”.

Meloni juga mengakui kebijakan pemerintahnya “jauh lebih ketat daripada yang diterapkan oleh mitra kami, Prancis, Jerman, dan Inggris”.

Baca Juga: Dubes Saudi Serukan AS Hentikan Pengiriman Senjata ke Israel

Salah satu penyebab utama embargo yang dilaporkan Italia dan pernyataan terbuka Meloni tentang hal itu adalah serangan Israel baru-baru ini terhadap pasukan penjaga perdamaian di Pasukan Sementara Perserikatan Bangsa-Bangsa di Lebanon (UNIFIL), yang mana Italia merupakan penyumbang pasukan terbesar.

Perdana Menteri Italia mengutuk serangan tersebut di Senat, dengan menyatakan “bahkan jika tidak ada korban atau kerusakan yang parah, saya pikir serangan Israel terhadap UNIFIL tidak dapat diterima”.

Pengumuman itu juga muncul setelah pemimpin oposisi Italia dari partai tersebut, Gerakan Bintang Lima, Giuseppe Conte, menyerukan embargo serta pembentukan negara Palestina dalam sebuah unggahan di Instagram. []

 

Baca Juga: Pasukan AS-Inggris Lakukan 15 Serangan Udara di Yaman

Mi’raj News Agency (MINA)

Rekomendasi untuk Anda