Italia Sumbang 9,5 Juta Dolar AS untuk Pembangunan Infrastruktur Gaza

Roma, MINA – menyumbang sebesar 8 juta Euro atau setara 9,53 juta dolar AS untuk Dana Perwalian Multi Donor Kemitraan Pembangunan (PIDMDTF) yang dikelola oleh Bank Dunia.

Hal itu merupakan, sumbangan pertama Italia setelah bergabung dengan 10 kemitraan pembangunan Palestina tersebut.

“Italia adalah pendukung lama rakyat Palestina di Gaza, yang perjuangannya saat ini diperburuk oleh dampak pandemi. Dengan proyek ini, Italia bertujuan mendukung modernisasi sektor air, sebagai langkah penting menuju penyediaan layanan utama dan fasilitasi pembangunan berkelanjutan di Jalur Gaza, “kata Konsul Jenderal Italia di Yerusalem Giuseppe Fedele. Demikian dikutip dari website OKI, Sabtu (13/3).

Dengan hibah ini, Italia mengirimkan sinyal dukungan yang kuat kepada rakyat Palestina untuk pembangunan infrastrukturnya di masa-masa sulit karena dampak Covid-19.

“Pendanaan ini akan sangat penting untuk pemulihan Gaza dan pembangunan di masa depan karena menargetkan pembangunan yang vital, ” ujar Fedele.

didirikan pada tahun 2012 dengan tujuan untuk meningkatkan cakupan, kualitas, dan keberlanjutan infrastruktur di wilayah Palestina melalui dukungan finansial dan teknis di sektor energi, air, dan pembangunan perkotaan.

Dengan kontribusi baru tersebut, total alokasi dana PIDMDTF telah mencapai sekitar 278 juta dolar AS.

Selain Italia, donor yang berkontribusi pada dana tersebut termasuk pemerintah Australia, Kroasia, Denmark, Finlandia, Prancis, Belanda, Norwegia, Portugal, Swedia dan Inggris. (T/Hju/P1)

Mi’raj News Agency (MINA)

 

 

 

Wartawan: Hamidah Juariyah

Editor: Ismet Rauf

Ikuti saluran WhatsApp Kantor Berita MINA untuk dapatkan berita terbaru seputar Palestina dan dunia Islam. Klik disini.