Jabar Open Championship 2020 Jadi Ajang Promosikan Pariwisata

Sumedang, MINA – Menteri Pemuda dan Olahraga Republik Indonesia (Menpora RI) Zainudin Amali membuka Kejuaraan Jabar Open Road Race Team Championship 2020 dan Jabar Open MXGT & Team Championship 2020 Piala Menpora RI secara virtual, Ahad (30/8).

Kedua even nasional tersebut digelar di dua sirkuit berbeda di , yakni Kejuaraan Jabar Open Road Race Team Championship di Sirkuit Gery Mang Subang dan Jabar Open MXGT & Team Championship di selenggarakan di Sirkuit Cambora, Sumedang, Jawa Barat.

“Olahraga otomotif tersebut, juga didorong mengarah ke sport tourism. Jawa Barat dengan keindahan alamnya diharap bisa menghadirkan wisatawan, sehingga roda perekonomian bisa bangkit kembali,” katanya.

Menurut Menpora RI, kedua kejuaraan ini diselenggarakan di tengah pandemi dan di era new normal tetapi tetap memperhatikan dan melaksanakan protokol kesehatan dengan disiplin.

“Kepada seluruh masyarakat dimanapun berada, kedua kejuaraan ini digelar dengan kreatifitas dan inovasi serta memberlakukan protokol kesehatan dan kesemuanya memperebutkan Piala Menpora RI,” katanya saat membuka kejuaraan secara virtual.

“Secara resmi saya nyatakan kejuaraan ini dibuka semoga sukses, aman pelaksanaannya dan nyaman untuk semua,” tambah Menpora RI.

Kejuaraan Jabar Open Road Race Team Championship yang digelar di Sirkuit Gery Mang Subang dilaksanakan tanpa penonton. Even ini diikuti 400 starter dari 16 kelas yang dilombakan, panitia dan peserta dengan kru total seluruhnya 800 orang.

“Alhamdulillah meski digelar tanpa penonton dengan adanya even ini perekonomian masyarakat Subang dan sekitarnya meningkat. Satu minggu akan berjalan banyak hotel penuh di booking, kuliner dan pedagang kecil semua tumbuh lagi,” kata Ketua Panitia Jabar Open Road Race Team Championship Saipul Hidayat.

“Terima kasih dukungan dan support Kemenpora dan pemerintah daerah yang telah memberikan izin kegiatan ini tetapi sesuai dengan aturan protokol kesehatan,” tambahnya.

Sementara, Ketua Panitia Jabar Open MXGT & Team Championship Frans Tanujaya merasa bersyukur Jabar Open dapat terlaksana. Ia berharap even ini bisa menjadi contoh even lain meski di tengah pandemi. Kejuaraan ini diikuti 193 starter ditambah crew team 200 orang jadi total 393 orang.

“Saya bersyukur kegiatan Jabar Open ini bisa dilaksanakan dan didukung Kemenpora RI serta pemerintah daerah, juga stakeholder terkait lainnya. Dengan adanya kegiatan ini sudah tentu ekonomi masyarakat sekitar sangat terbantu untuk bangkit lagi,” ujarnya.

Jabar Open 2020 ini sangat membantu bergulirnya segi ekonomi khususnya membantu di bidang sport industry karena menggandeng dan mengangkat produk-produk lokal.

“Brand lokal ini banyak ya seperti produk oli, ban motor, apparel, dan part-part dari sepeda motor itu mereka sangat terbantu dengan adanya even ini,” tambahnya. (L/R11/P2)

Mi’raj News Agency (MINA)

Ikuti saluran WhatsApp Kantor Berita MINA untuk dapatkan berita terbaru seputar Palestina dan dunia Islam. Klik disini.