Jadi Caketum Kowani, Ony Jafar Hafsah Janjikan Kembangkan Ekonomi Syariah

Jakarta, MINA – Ony Jafar Hafsah (OJH) yang saat ini mencadi calon ketua umum Kongres Wanita Indonesia (Kowani) berjanji akan mewujudkan pemberdayaan dan menciptakan kesempatan yang adil bagi seluruh perempuan dalam mengembangkan ekonomi berbasis syariah.

“KOWANI sebagai rumah besar peradaban perempuan, wadah perjuangan, tempat berkiprah, pemberdayaan, pemberian martabat kaum perempuan. Kami siap menjalankan program-program mewujudkan pemberdayaan perempuan dalam ekonomi berbasis syariah,” kata Ony saat acara Deklarasi OJH sebagai Calon Ketua Umum (Caketum) Kongres Wanita Indonesia (Kowani) periode 2019-2024 di acara jumpa pers di Jakarta, Ahad (12/1).

Acara pemilihan ketua umum akan dilaksanakan pada Kongres Kowani ke-XXV yang akan dilaksanakan pada Selasa-Rabu, 3-4 Desember 2019, di Jakarta.

OJH maju menjadi Calon Ketua Umum Kowani dicalonkan oleh DPP Wanita Tani Indonesia, Pengurus Pusat Wanita Islam, Ikatan Wanita Pengusaha Indonesia (IWAPI), dan Fatayat Nahdlatul Ulama (NU).

OJH menjabarkan visinya menjadikan Kowani sebagai rumah besar peradaban perempuan dapat melahirkan generasi penerus yang bertakwa dan berkarya untuk Indonesia Maju.

“Sehingga dengan majunya saya menjadi Calon Ketua Umum akan dapat mewujudkan perempuan yang berprestasi, berilmu pengetahuan, berpenghasilan menuju perempuan mandiri yang berkarakter dan sejahtera,” tegasnya.

Ketua Umum Pengurus Pusat Wanita Islam, Marfuah Musthofa mendukung langkah dan pelaksanaan program yang diusung OJH saat dia terpilih menjadi Ketua Umum Kowani.

“Utamanya dalam pengembangan ekonomi syariah dan pemberdayaan wanita (Muslimah) dalam UMKM halal,” kata Marfuah.

OJH saat ini menjabat sebagai Ketua Kowani dan Ketua Umum DPP Wanita Tani Indonesia telah berkiprah di Kowani hampir 17 tahun, sejak 2002. Memulai jabatannya di Kowani sebagai Wakil Ketua Yayasan Daya Wanita Kowani hingga menjadi Ketua Kowani dua periode.

Dia juga dikenal sebagai seorang organisator ulung dari sejak duduk di bangku Sekolah Menengah Atas Ketua OSIS, Senat Mahasiswa hingga berbagai macam organisasi yang telah beliau pimpin, antara lain, Ketua PSM/ Pekerja Sosial Masyarakat (tahun 2017-2022), Dewan Pembina IPEMI/ lkatan Wanita Muslim Indonesia (tahun 2016-2020), dan Ketua Persaudaraan Istri Anggota DPR-RI (tahun 2010-2012).

Selain pekerja sosial dan pengusaha, OJH adalah seorang ibu dari empat orang putra putri serta 17 orang cucu merupakan istri dari Dr. Ir. Mohammad Jafar Hafsah. IPM, yang juga Sekretaris Jenderal lkatan Cendekiawan Muslim se-lndonesia (ICMI).

OJH sejak menjadi Ketua Kowani selama dua periode, selalu dipercaya sebagai Ketua ”Kowani Fair” yaitu sebuah ajang bergengsi Kowani di Bidang Ekonomi untuk pemberdayaan kaum perempuan serta Koperasi UMKM perempuan dan pelaksanan Kowani Fair selalu sukses.

Rumah Peradaban Kaum Perempuan

Kowani merupakan federasi dari 91 organisasi perempuan yang berdiri sejak 22 Desember 1928 di Yogyakarta yang mana pada saat itu Kowani masih bernama Perserikatan Perkoempoelan Perempoen Indonesia atau disingkat PPPI.

Peristiwa besar yang terjadi pada tanggal 22 Desember tersebutlah kemudian dijadikan tonggak sejarah bagi kesatuan pergerakan wanita Indonesia dan atas keputusan Kongres Perempoean Indonesia III pada 1938 di Bandung, tanggal 22 Desember diangkat menjadi ”Hari Ibu”, yang seIanjutnya dikukuhkan dengan Keputusan Presiden RI no. 316 tanggal 16 Desember 1959.

OJH merasa optimis dapat terpilih menjadi Ketua Umum Kowani periode 2019-2024 karena banyaknya desakan dan dorongan dari organisasi anggota untuk dapat membenahi KOWANI mengimplementasikan Rumah Besar Kowani atau Rumah Peradaban kaum perempuan.

“Rumah Peradaban kaum perempuan menjadikan Kowani lebih besar, lebih kuat, disegani dan memberi manfaat serta berkah kepada organisasi anggota, kepada kaum peremuan, kepada masyarakat dan kepada bangsa dam Negara Indonesia,” ujar Ony.

Lebih lanjut lagi, OJH menyampaikan dalam kiprah hubungan Internasional, Kowani akan Iebih giat dan optimal Iagi sehingga dapat memperbesar manfaat kepada seluruh organisasi anggota dan kaum perempuan Kowani senantiasa bersama dengan organisasi anggota terlibat dalam lembaga internasional tersebut.(L/R01/P2)

Mi’raj News Agency (MINA)