Jadwal dan Rangkaian Acara Bulan Solidaritas Palestina di Lampung

Al-Muhajirun, Lampung Selatan, MINA – Lembaga yang konsen terhadap Pembelaan dan Pembebasan Masjid Al-Aqsha dan kemerdekaan Palestina, Aqsa Working Group (AWG), Biro Lampung resmi membuka penyelenggaraan Bulan (BSP).

Kegiatan ini diawali dengan karnaval yang diikuti oleh ribuan santriwan dan santriwati Ma’had Shuffah Hizbullah dan Madrasah Al-Fatah Lampung, juga masyarakat sekitar dimulai dari halaman Masjid An-Nubuwwah menuju lapangan Gaza, Al-Muhajirun, Negararatu, Natar, Lampung Selatan, Jumat (4/11).

BSP diselenggarakan sebagai bentuk kepedulian dan dukungan bagi bangsa Palestina dalam memperjuangkan kemerdekaan dan pembebasannya dari zionis Israel serta pembebasan Masjid Al-Aqsa. Kegiatan ini mengusung tema “Bergerak Berjamaah Bebaskan Al-Aqsa Palestina.”

Ketua Panitia BSP wilayah Lampung, Wahyu Adi Saputra mengatakan, kegiatan ini merupakan salah satu upaya untuk memberikan pemahaman kepada masyarakat khususnya anak muda tentang pentingnya kaum Muslimin berupaya dan berjuang untuk pembebasan Masjid Al-Aqsa dan kemerdekaan Palestina.

“Jadi kegiatan ini dilaksanakan sebagai salah satu dari upaya kita untuk memberitahukan kepada anak-anak dan remaja mengenai kekejaman zionis Israel terhadap rakyat Palestina yang sampai sekarang masih mengalami penjajahan,” ujarnya sebagaimana dilaporkan kontributor MINA Biro Sumatera, Rafayfa Chayyira Meysun.

Adapun rangkaian kegiatan, lanjut Wahyu antara lain lomba pidato tingkat SMP/Sederajat dan SMA/Sederajat yang akan dilaksanakan pada 5-6 November di Aula Taqwa. Pada 11-12 November akan ada kegiatan dauroh Al-Aqsa oleh duta Al-Quds yang akan diikuti oleh seluruh santriwan dan santriwati.

Ada juga lomba nasyid tingkat SMP/Sederajat dan SMA/Sederajat yang akan diselenggarakan pada Sabtu dan Ahad 12-13 November. Sementara lomba puisi tingkat SMP/Sederajat dan SMA/Sederajat akan dilaksanakan pada 14-15 November di Aula At-Taqwa. Semua kegiatan dipusatkan di komplek ponpes Shuffah Hizbullah dan Madrasah Al-Fatah Lampung.

Dilanjutkan dengan lomba cerdas cermat tingkat SMP/Sederajat dan SMA/Sederajat yang akan dilaksanakan pada Rabu-Kamis 16-17 November bersamaan dengan itu juga ada lomba menggambar dan mewarnai tingkat TK, SD/MI dan Umum pada Kamis 17 November.

Pada 19-20 November digelar kompetisi Futsal tingkat SMP, SMA, dan pemuda di lapangan futsal Srikandi Kedaton Bandar Lampung.

Selain itu, BSP juga menggelar “Goes Al-Aqsa” yang akan dilaksanakan mulai tanggal 20 Nopember mengambil dua rute dengan tujuan Monas, Jakarta. Rute pertama dari Surabaya menuju Monas, adapun rute kedua dimulai dari Jambi menuju Monas Jakarta.

Menurut Wahyu, Lampung juga ikut terlibat dalam kegiatan Goes Al-Aqsha ini karena termasuk di dalam rute yang dilewati.

Sementara talkshow milenial peace maker forum akan menghadirkan pembicara pemuda yang peduli terhadap isu kemanusian utamanya Palestina akan dilaksanakan pada 27 November di Bandar Lampung. Bazar dan Pameran Photo Palestina juga akan digelar selama kegiatan berlangsung, termasuk pada kegiatan talkshow milenial peace maker forum.

BSP merupakan agenda kampanye pembelaan terhadap Masjid Al-Aqsa dan Palestina yang digagas oleh AWG yang diselenggarakan sebulan penuh pada November. Diawali dengan Pekan Solidaritas Palestina pada tahun-tahun sebelumnya, pada tahun ini AWG menggelar kampanye ini selama sebulan penuh di berbagai daerah di Indonesia. (L/chy/B03/P1)

Mi’raj News Agency (MINA).

Wartawan: hadist

Editor: Ismet Rauf

Ikuti saluran WhatsApp Kantor Berita MINA untuk dapatkan berita terbaru seputar Palestina dan dunia Islam. Klik disini.