Jajak Pendapat Pemilu AS: Biden Ungguli Trump Skala Nasional

Washington, MINA – dari Partai Demokrat memimpin dalam jajak pendapat nasional dan sebagian besar negara bagian menjelang Hari Pemilu, tetapi Presiden bersikeras bahwa hasil jajak pendapat mereka salah dan dia akan mengulangi kemenangannya pada tahun 2016.

Biden, mantan wakil presiden yang berusia 77 tahun, menikmati keunggulan kuat atas Trump (74), dalam jajak pendapat nasional selama berbulan-bulan, terkadang unggul mencapai dua digit.

Namun, pemilihan presiden AS tidak diputuskan oleh suara populer, Nahar Net melaporkan.

Pemilu dimenangkan dengan cara Electoral College yang beranggotakan 538 orang, di mana setiap negara bagian memiliki jumlah suara elektoral yang setara dengan perwakilannya di DPR dan Senat.

Dan suara elektoral dari negara bagian yang menjadi medan pertarungan seperti Florida dan Pennsylvania dapat menentukan siapa pemenang hari Selasa (3/11) untuk Gedung Putih.

Rata-rata jajak pendapat nasional oleh situs RealClearPolitics (RCP) memberi Biden keunggulan 6,7 poin atas Trump.

Itu kira-kira sejalan dengan rata-rata gerai terkemuka lainnya seperti FiveThirtyEight.com, yang membuat Biden naik 8,5 poin secara nasional.

Keunggulan Biden secara nasional lebih dari dua kali lipat dari Hillary Clinton pada pemilu 2016, ketika jajak pendapat relatif akurat mengenai suara populer, yang dia menangkan saat kalah di Electoral College.

Di Florida, Biden memiliki keunggulan satu poin atas Trump, menurut rata-rata jajak pendapat negara bagian RCP.

Jajak pendapat Siena College / New York Times menempatkan Biden naik tiga poin di Sunshine State, tetapi jajak pendapat Washington Post / ABC News menempatkan petahana Partai Republik itu unggul dua poin.

Trump memenangkan Florida dan 29 suara elektoral pada tahun 2016 dan memenangkan negara bagian yang dipandang penting untuk harapan kemenangannya.

Di Pennsylvania, Biden memiliki keunggulan 4,3 poin, menurut rata-rata jajak pendapat RCP di Negara Bagian Keystone, yang memiliki 20 suara elektoral.

Trump memenangkan Pennsylvania dengan hanya 44.000 suara pada tahun 2016 dan harapan terpilihnya kembali dapat bertahan untuk merebut kembali negara bagian itu.

Menurut rata-rata RCP, Biden naik 5,1 poin di Michigan, yang memiliki 16 suara elektoral, dan 6,6 poin di Wisconsin, yang memiliki 10 suara elektoral.

Negara bagian Arizona dan North Carolina, yang keduanya dimenangkan Trump pada 2016, juga diawasi dengan ketat.

Menurut rata-rata RCP, Biden unggul satu poin di Arizona, yang memiliki 11 suara elektoral, sementara Trump memimpin dengan 0,6 poin di North Carolina, yang memiliki 15 suara elektoral.

Empat negara bagian lain juga diawasi dengan ketat kali ini – Georgia (16 suara elektoral), Iowa (enam), Ohio (18) dan Texas (38). (T/RI-1/P2)

Mi’raj News Agency (MINA)

Wartawan: Rudi Hendrik

Editor: Ismet Rauf

Ikuti saluran WhatsApp Kantor Berita MINA untuk dapatkan berita terbaru seputar Palestina dan dunia Islam. Klik disini.