Jakarta Diproyeksikan Jadi Pintu Investasi Asia Tenggara

Gubernur DKI Jakarta, Anies Baswedan. (Foto: Aliya/MINA)

Jakarta, MINA – Gubernur DKI Jakarta, Anies Baswedan mengungkapkan ada rencana pengusaha-pengusaha Arab Saudi berinvestasi di Indonesia khususnya Jakarta. Dalam hal ini, Jakarta diproyeksiakan menjadi pintu gerbang investasi Asia Tenggara.

“Jakarta adalah pintu gerbang untuk Indonesia, tapi juga untuk Asia Tenggara,” katanya usai acara ‘First Saudi Arabia Investor Forum’ di Ritz Carlton, Jakarta, Senin (15/01).

Forum ini digelar oleh para investor dari Arab Saudi yang diinisiasi oleh Kedutaan Besar Arab Saudi untuk Indonesia, Pemerintah Pusat Indonesia dan Pemerintah Khusus Ibu Kota Jakarta dengan fokus industri real estate (perumahan).

“Kita menyambut baik diselengarakannya investor forum ini dan kita apresiasi bahwa penyelenggaraan acara ini di Jakarta,” ujarnya.

Dalam acara ini dihadiri oleh 200 peserta dari para investor Arab Saudi dengan para pengusaha dan regulator di Indonesia guna menyajikan peluang investasi di bidang real estate di Indonesia kepada para pengusaha Arab Saudi. Menurut Anies dalam hal ini, Indonesia mempunyai peluang yang sangat besar

“Kita melihat kesempatan ini, kesempatan bagi Jakarta, untuk menjadi titik masuk investasi dari Saudi Arabia ke Asia Tenggara dengan begitu cakupannya menjadi lebih luas,” jelasnya.

Lebih lanjut ia mengatakan, dalam melihat kesempatan tersebut, tidak hanya proyeknya yang ada di Jakarta, namun juga kegiatan-kegiatan kantornya, investasinya, manfaat bagi tenaga kerja, serta penyerap tenaga kerja untuk menggerakkan perekonomian itu hingga terasa di ibu kota.

“Kita sendiri belum tahu berapa banyak mereka akan inves ke sini. Harapannya dengan adanya forum ini, peluang-peluang usaha dari sektor Indonesia dengan Arab Saudi bisa bertemu dan kami siap mengfasilitasi untuk mereka bisa merealisasiakan kesepakatan-kesepakatan bisnisnya di Indonesia khususnya Jakarta,” tambahnya.

Ia menjelaskan, tema yang disampaikan Arab Saudi yaitu properti, jadi mereka bicara di acara ini ya untuk forum properti.

“Indonesia banyak ada sektor energi, pertanian, properti, Salah satu investasinya adalah properti yang kedua infrastruktur yang ketiga pariwisata,” ujarnya.

Acara ini dihadiri oleh Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi, Duta Besar Arab Saudi Osama Mohammad Abdullah Al Shuaibi, Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan, Wakil Gubernur DKI Jakarta Sandiaga Uno, Ketua MPR RI, Zulkifli Hasan dan beberapa pejabat serta pemangku kepentingan laiinya. (L/R10/RS2)

Mi’raj News Agency (MINA0