Jakarta Terpilih Menjadi Tuan Rumah Kongres IPA Ke-33 Tahun 2022

Jakarta, MINA – Jakarta terpilih menjadi tuan rumah kongres IPA (International Publisher Association) ke-33, yang akan digelar pada November 2022.

Gubernur Provinsi DKI Jakarta, Anies Baswedan mengatakan, dengan terpilihnya Indonesia sebagai tuan rumah adalah keputusan yang tepat.

“Ini adalah gerakan lanjutan. Kami sangat beruntung dan berterima kasih atas pemilihan Jakarta sebagai tuan rumah penyelenggaraan the International Publishers Association (IPA) World Congress ke – 33 pada tahun 2022. Dengan tanpa melebih-lebihkan, keputusan IPA yang menjadikan Kota Jakarta sebagai tempat penyelenggaraan International Publishers Association (IPA) World Conggres yang ke -33 pada tahun 2022 adalah tepat,” katanya dalam peluncuran Kongres Penerbit Internasional IPA secara daring, Rabu (14/10).

Anies juga mengatakan, Indonesia pernah tampil memukau dunia pada gelaran Frankfurt Book Fair 2015, kemudian Indonesia membentuk Komite Buku Nasional (KBN) yang berfokus kepada mengenalkan buku dan penulis Indonesia ke dunia yang lebih luas.

Terpilihnya Jakarta sebagai tuan rumah dan kolaborasi bersama masyarakat dalam membangun peradaban literasi turut mewujudkan Jakarta sebagai Kota Buku.

Selain itu, Pemprov DKI Jakarta juga telah membentuk Tim Jakarta Kota Buku yang menjadi bagian dari IPA Congress 2022.

Tim ini terdiri dari sejumlah perangkat daerah di Provinsi DKI Jakarta, para pelaku dunia perbukuan, literasi dan industri penerbitan. Saat ini, Tim Jakarta Kota Buku telah menjadi bagian dari Jakarta City of Collaboration.

Karena itu, Pemprov DKI Jakarta terus melakukan berbagai pembangunan infrastruktur untuk menopang industri perbukuan di Jakarta, seperti pembangunan pasar buku di beberapa lokasi di Jakarta dan pembangunan Taman Buku, atau pojok baca di tempat-tempat publik.

Anies berharap, dengan Jakarta menjadi tuan rumah kongres IPA akan menjadi perhelatan sejarah penting bukan hanya bagi Jakarta, tetapi juga Indonesia. (R/SR/P2)

 

Mi’raj News Agency (MINA)