Jalankan Misi Kemanusiaan Tahap Awal, Tim Medis MER-C Bertolak ke Afghanistan

(Foto: Istimewa)

Jakarta, MINA – Medical Emergency Rescue Committee () Indonesia yang akan melakukan penilaian kondisi atau assessment awal untuk membantu krisis kemanusiaan di Afganistan telah bertolak ke Kabul ibukota negara tersebut melalui Terminal 3 Bandara Soekarno-Hatta, Ahad sore (20/3).

Dalam keterangan pers yang diterima MINA, Senin (21/3), tim assessment yang terdiri dari dua relawan dokter, yaitu dr. Arief Rachman, SpRad (Ketua) dan dr. Muhammad Reza Saputra, SpOT ini merupakan tim yang menjalankan tahap awal MER-C untuk bisa segera mengirimkan bantuan awal medis ke negara yang kini dikuasai oleh pemerintahan Taliban itu.

Sebelumnya, Ketua Presidium MER-C dr Sarbini Abdul Murad menjelaskan, tugas utama tim ini adalah melakukan penilaian kondisi untuk memastikan kebutuhan mendesak rakyat terutama dalam bidang medis, memetakan jenis penyakit, kebutuhan tenaga medis dan obat-obatan serta bantuan kemanusiaan lainnya.

Selain itu, berkoordinasi dengan Kedutaan Besar RI di Kabul, tim akan mengunjungi sejumlah fasilitas kesehatan baik rumah sakit rumah sakit maupun klinik Indonesia yang berada di sana.

“Masa tugas Tim awal direncanakan selama satu pekan ke depan. Hasil penilaian kondisi Tim akan menjadi dasar untuk pengiriman tim medis lanjutan yang spesialisasinya akan disesuaikan dengan kebutuhan di lapangan serta menetapkan program kemanusiaan jangka panjang MER-C untuk Afghanistan,” pungkas Sarbini.

Dia menambahkan, sejumlah bantuan awal obat-obatan berdasarkan daftar kebutuhan obat yang kami terima dari Kedutaan Besar RI di Kabul akan dibawa serta.

Krisis kemanusiaan yang tengah terjadi di Afghanistan dikatakan sebagai krisis kemanusiaan terburuk di dunia. Hal ini menjadi fokus perhatian MER-C sebagai sebuah lembaga kegawatdaruratan medis bagi korban perang, konflik dan bencana alam untuk turut serta dan mengambil bagian dalam membantu mengatasi krisis kemanusiaan yang ada

Bagi MER-C ini bukan kunjungan kemanusiaan pertama ke Afghanistan. Pada 2001 dan 2002 silam ketika perang melanda negeri tersebut, MER-C mengirimkan tim bedahnya menyusuri beratnya medan di Afghanistan untuk mengunjungi rumah sakit – rumah sakit dan melakukan operasi kepada para korban perang. Dua puluh tahun berlalu, kini MER-C akan datang lagi ke Afghanistan untuk kembali memenuhi panggilan kemanusiaan di sana.

Dukungan dan bantuan bagi Misi Kemanusiaan MER-C untuk Afghanistan dapat disalurkan melalui: BSI-ex BSM, 701.565.8918 Atas nama Medical Emergency Rescue Committee.(L/R1/P2)

Mi’raj News Agency (MINA)

Wartawan: Rana Setiawan

Editor: Widi Kusnadi

Ikuti saluran WhatsApp Kantor Berita MINA untuk dapatkan berita terbaru seputar Palestina dan dunia Islam. Klik disini.