Jamaah Ambil Nafar Awal, Haji 1441 H Selesai 2 Agustus

Mekkah, – Penyelenggaraan ibadah sudah selesai dilaksanakan. Seluruh 1441 H mengambil nafar awal (lempat jumrah) dan meninggalkan wilayah tenda Mina pada Ahad, 12 Zulhijjah 1441 atau 2 Agustus 2020 sebelum terbenamnya matahari yang sekaligus menandai berakhirnya rangkaian ibadah haji.

“Hari Ahad, jamaah mengambil nafar awal dan meninggalkan Mina sebelum terbenam matahari. Itu sekaligus menandai berakhirnya pelaksanaan Ibadah haji 2020,” demikian dikutip kemenag.co.id melalui pesan singkat oleh Konsul Haji KJRI Jeddah, Endang Jumali pada Senin (3/8).

“Dari Mina, jamaah haji diantar ke Masjidil Haram untuk menunaikan shalat Maghrib. Setelah itu, mereka kembali ke hotel untuk menjalani karantina dan didata ulang,” tambahnya.

Menurut Endang, pemulangan jamaah haji 1441 H ke daerah asalnya di berbagai kota di akan dilakukan secara bertahap.

Sesuai informasi dari Kementerian Haji dan Umrah Pemerintah Kerajaan Arab Saudi, penyelenggaraan haji tahun 2020 diikuti 10.000 orang. Sebanyak 70% jamaah merupakan ekspatriat yang tinggal di Arab Saudi, sisanya ialah warga negara Arab Saudi.

Data yang masuk ke Konsul Haji, terdapat 16 WNI Ekspatriat di Saudi yang terdaftar yang tinggal dan bekerja. Mereka adalah Muhammad Wahyu, Endan Suwandana, Ahmad Sujai, Huda Faristiya, ‘Abdul Muhaemin, Siri Marosi, Muhammad Toifurrahman, Ata Farida, Eni Wahyuni, Irma Tazkiya, M Zulkarnain, Ali Muhsin Kemal, Akram Hadrami, Agus Sugiarto, Titin Agustin, dan Juwaeriyah Awaludin.

“Alhamdulillah semua dalam keadaan sehat. Kita ikut memantaunya melalui komunikasi via Whatsapp group (WAG) dengan para jamaah WNI ekspatriat yang tinggal di Saudi,” jelasnya. (R/SR/RS2)

 

Mi’raj News Agency (MINA)