Jamaah Calon Haji Aceh Kloter Dua Siap Berangkat

Banda , MINA – Sebanyak 393 Jamaah Calon (JCH) Aceh yang tergabung dalam Kelompok Terbang (Kloter) 2 dijadwalkan akan tiba di Asrama Haji Aceh pada Selasa (23/7) malam pada pukul 21.00 Wib.

Humas Panitia Penyelenggara Ibadah Haji (PPIH) Embarkasi Aceh Muhammad  Nasril, mengatakan, JCH Aceh kloter 2 tersebut berasal dari Aceh Timur (191 orang), Banda Aceh (186 orang), dan Aceh Besar (8 orang) ditambah TPHD dan petugas.

“InsyaAllah Selasa malam, panitia akan menyambut kedatangan jamaah calon haji Aceh dari kloter 2 di embarkasi asrama haji Aceh,” ujar Nasril.

Ia menambahkan Kloter 2 ini dijadwalkan akan berangkat ke Arab Saudi menggunakan Pesawat Garuda Boeing 777-300 ER pada Rabu (24/7) pukul 23.10 Wib.

Untuk penempatan di Arab Saudi ia mengatakan seluruh jamaah dari Aceh musim haji 1440 H/2019M selama di Mekkah akan menempati pemondokan di wilayah Syisyah.

Selain itu, ia mengatakan selama di Asrama haji jamaah akan mengikuti beberapa kegiatan seperti pemeriksaan kesehatan dan bimbingan seputar keselamatan penerbangan. Kemudian juga ada pembagian dokumen, gelang identitas, living cost, kartu baitul asyi, serta pembinaan ketua regu (Karu) dan ketua rombongan (Karom).

“Saat di Asrama haji jemaah akan dilakukan pemeriksaan mulai dari kesehatan, serta barang bawaan. Selain itu, jamaah juga akan mendapatkan dokumen dan pembagian living cost serta kartu baitul asyi,” jelas Nasril.

Selain itu Nasril juga menyampaikan saat ini 393 jamaah calon haji Aceh yang tergabung dalam kloter 1 sudah berada di tanah suci, Makkah Al mukarramah dan dan saat ini mereka juga telah selesai melaksanakan Umrah Wajib.

“Alhamdulillah Jamaah calon Haji Aceh termasuk petugas kloter sudah melaksanakan umrah wajib, mulai dari Tawaf sampai dengan tahallul,” ujar Nasril.

Sementara mengenai kondisi JCH Aceh di Mekkah, Nasril mengatakan informasi dari petugas kesehatan kloter 1 secara umum kondisi kesehatan jamaah masih terbilang cukup fit untuk beribadah di tanah suci, tapi jamaah terlihat sedikit kelelahan karena perjalanan jauh dan juga masih kurang istirahat.

“Alhamdulillah secara umum kondisi jamaah sehat,  namun ada juga jamaah yang mendapatkan pelayanan kesehatan dari KKHI mekkah, sedangkan Untuk Pelayanan di posko kesehatan masih terbilang sepi. Namun visitasi ke ruangan terus dilakukan untuk memantau pasien resti,” ujar Nasril setelah menerima pesan Whatsapp dari petugas kesehatan BTJ 01, Dokter Aditya.

Seperti diketahui, tahun 1440 H/2019 M JCH Aceh berjumlah 4.682 jemaah yang terdiri dari 4.622 jemaah dan 60 petugas kloter. Jumlah tersebut terbagi dalam 12 kloter. (L/AP/ )

Mi’raj News Agency (MINA)

Wartawan: Admin

Editor: Widi Kusnadi

Ikuti saluran WhatsApp Kantor Berita MINA untuk dapatkan berita terbaru seputar Palestina dan dunia Islam. Klik disini.