Jamaah Haji Aceh Kloter Pertama Tiba di Tanah Air

Banda Aceh, MINA – Tepat pukul 16.17 WIB, hari ini, jamaah haji kloter pertama asal kota Sabang, Kabupaten Pidie, Pidie Jaya, dan Aceh utara tiba di tanah air. Jamaah yang tiba di bandara Sultan Iskandar Muda berjumlah 393 Jamaah.

Menurut Kepala Lantor Wilayah Kementerian Agama (Kakanwil Kemenag) Aceh Daud Pakeh, dari total jamaah yang tiba di Bandara Sultan Iskandar Muda sore tadi, satu diantaranya meninggal dunia di Mekkah, Arab Saudi.

“Ada satu jamaah kita yang meninggal di tanah suci,” kata Daud Pakeh, Selasa (3/9).

Daud Pakeh menambahkan, pesawat yang memberangkatkan jamaah haji kloter pertama asal Aceh mengalami keterlambatan saat berangkat. Awalnya keberangkatan direncanakan pukul 03.50 Waktu Arab Saudi, namun pesawat baru bisa terbang pada pukul 04.30 Waktu Arab Saudi, hal ini karena padatnya kepulangan jamaah haji di Bandara Madinah.

Insyaallah, besok seluruh jamaah kita sudah berada di Madinah untuk mempersiapkan diri pulang ke tanah air, besok kloter 12 terakhir jamaah berangkat ke Madinah,” Tambah Daud Pakeh.

Jamaah haji yang tiba di tanah air terlihat dijemput dengan bus pariwisata. Jamaah dibawa menuju asrama haji embarkasi Aceh untuk penerimaan barang. Selanjutnya jamaah akan diserahkan ke panitia daerah untuk dipulangkan ke daerah masing-masing.

“Hari ini tidak semua jamaah akan langsung kembali ke kampung halaman, seperti jamaah dari sabang, mereka harus menunggu jadwal kapal laut. Sehingga baru bisa pulang besok pagi,” ungkap Daud Pakeh. (L/AP/R01)

Mi’raj News Agency (MINA)