Jamaah Haji Gelombang I Kembali ke Tanah Air Mulai Senin

 

Makkah, MINA – Setelah berakhirnya rangkaian ibadah haji, kepulangan jamaah Indonesia gelombang I dari Kloter 13 Embarkasi Palembang akan diberangkatkan pada Senin (27/8/2018).

Menurut Kepala Seksi Pelayanan Kedatangan dan Kepulangan Daker Bandara, Muhammad Syarif kepada tim Media Center Haji (MCH) Kemenag, rombongan tersebut akan diberangkatkan dari Bandara King Abdulaziz Jeddah.

Sekira 450 anggota rombongan tersebut akan berangkat menggunakan maskapai Saudi Arabia Airlines dan diharapkan tiba di Tanah Air pada Senin malam. “Mudah-mudahan lancar kepulangan nanti,” kata Syarif.

Selanjutnya, akan terbang ke Tanah Air juga Kloter 14 Embarkasi Surabaya kira-kira satu jam setelahnya. Menyusul kemudian Kloter 11 Jakarta-Bekasi, Kloter 1 Padang, Kloter 14 Jakarta Bekasi, dan Kloter 3 Jakarta-Pondok Gede.

Sebanyak 12 kloter akan diberangkatkan pada hari pertama kepulangan tersebut.

Kloter 7 Embarkasi Makassar dan Kloter 6 Embarkasi Solo akan jadi penutup kepulangan pertama pada Senin malam.

Gelombang kepulangan perdana dari Jeddah dilakukan bertahap hingga 9 September nanti.

Total sebanyak 203.351 jemaah haji reguler tiba di Tanah Suci. Dari jumlah itu, sebanyak 87.863 orang tiba dalam gelombang pertama Bandara Amir Muhammad bin Abdulaziz, Madinah. Sejumlah itu pula yang akan berangkat pulang ke Tanah Air lebih dulu melalui Jeddah.

Jumlah jamaah yang tiba akan berkurang pada saat kepulangan nanti. Sebab tercatat 157 jemaah wafat dan beberapa masih harus dirawat di rumah sakit Arab Saudi. Jumlah kematian tersebut berkurang drastis dari tahun sebelumnya yang mencapai 657 jamaah.

Jamaah gelombang pertama dipulangkan melalui Jeddah tersebut sebelumnya telah menghabiskan awal musim haji di Madinah selama sepekan lebih. Pada kedatangan, mereka tiba pada gelombang pertama melalui Bandara Amir Muhammad bin Abdulaziz, Madinah sejak pertengahan hingga akhir Juli lalu.

Sementara jamaah yang tiba di Jeddah melalui gelombang kedatangan kedua melaksanakan lebih dulu ibadah di Makkah untuk kemudian berziarah ke Madinah. (T/RS2/P1)

Mi’raj News Agency (MINA)