Jamaah Haji Indonesia Akan Pulang ke Tanah Air Mulai 15 Juli 2022

Jakarta, MINA – Operasional ibadah haji akan segera memasuki fase pemulangan. dijadwalkan mulai terbang pulang dari Jeddah ke Tanah Air pada 15 Juli 2022.

Kementerian Agama memastikan 13 Debarkasi di seluruh Indonesia siap menerima kedatangan jamaah haji.

“Ini tentu hal yang bagus, kita berharap semua berjalan lancar hingga jamaah sampai ke rumah masing-masing,” ujar Kasubdit Dokumen dan Perlengkapan Haji Reguler Ditjen PHU Zainal Ilmi di Jakarta, Selasa (12/7).

Terkait prosedur kesehatan, Zainal menjelaskan, nantinya akan ada pemeriksaan suhu badan kepada seluruh jamaah haji.

Jika ada jamaah yang mengalami demam di atas 37 derajat Celsius, panitia akan langsung berkoordinasi dengan Satgas Covid-19 untuk proses penanganannya.

Sementara Plh Sekretaris Dirjen Penyelenggaraan Haji dan Umrah Waryono Abdul Ghafur berpesan agar panitia memastikan kembali fasilitas yang telah disiapkan dalam kondisi layak dan sesuai prosedur.

“Contohnya, bus yang disediakan untuk membawa pulang dari bandara menuju asrama, itu perlu dipastikan kelayakannya,” kata Waryono.

Ia melanjutkan, kelayakan yang dimaksud tidak hanya dari segi fisik, namun juga kesiapan supir yang juga harus dalam kondisi fit. Pengecekan penting untuk meminimalisir adanya kendala di tengah jalan, seperti pecah ban atau supir mengantuk.

Hal tersebut menurutnya perlu diperhatikan karena bisa menghambat kelancaran perjalanan jemaah.

Selain itu, lanjut Waryono, para petugas juga perlu memastikan barang bawaan jamaah tidak ada yang ketinggalan, baik di bandara maupun di asrama haji.

“Barang bawaan, mohon dipastikan jangan sampai tertukar atau bahkan hilang. Panitia harus menyisir barangnya jangan sampai ketinggalan di pesawat atau bandara. Pastikan juga pengambilannya atau pendistribusiannya dilakukan di hari yang sama, agar potensi hilang semakin kecil,” ujar Waryono.

Dengan kesigapan serta kesiapan seluruh petugas dalam menyambut kepulangan para jamaah haji, Waryono berharap hal itu dapat memberikan pengalaman yang baik bagi jamaah haji tahun 2022. (R/R5/P1)

Mi’raj News Agency (MINA)