Jamaah Haji Lakukan Lempar Tiga Jumrah Sebagai Fase Akhir

Mekkah, MINA – Jamaah haji pada Sabtu (1/8) waktu setempat, melakukan lempar tiga jumrah memasuki fase akhir pelaksanaan ibadah haji.

Sesuai protokol pencegahan Corona seluruh jamaah memakai masker wajah dan mereka bergerak berkelompok secara teratur dengan menjaga jarak fisik. Al-Khaleej Today melaporkan.

Para peziarah bergerak dengan mudah dari satu pilar ke pilar berikutnya ketika mereka melemparkan kerikil. Mulai dari pilar jumrah al-Sugra, jumrah al-Wusta higga jumrah al-Aqaba, masing-masing tujuh kali.

Peziarah diizinkan untuk melakukan ritual dari lantai pertama hingga ketiga Kompleks Jamarat.

Pasukan keamanan dan tim kesehatan dikerahkan di Kompleks Jamarat untuk memastikan keselamatan dan kesehatan para peziarah serta kelancaran pelaksanaan lempar jumrah.

Struktur Kompleks Jamarat dengan lima tingkat, memungkinkan aliran jamaah haji hanya bergerak ke satu arah di seluruh area untuk mencegah kemacetan.

Setelah melakukan empat ritual utama lempar jumrah, mengorbankan hewan, mencukur atau memotong rambut, melakukan Tawaf al-Ifadah dan sai pada hari Jumat, para peziarah kembali ke penginpan mereka di kawasan Mina.

Setelah lempar jumrah pada Sabtu, mereka menghabiskan sisa waktu dengan shalat, dzikir dan doa. (T/RS2/R1)

Mi’raj News Agency (MINA)