Jamaah Haji Lakukan Tawaf Perpisahan

Mekkah, MINA –  Jamaah haji mulai meninggalkan Mekkah pada Ahad malam (2/8) dengan melakukan Tawaf Perpisahan (Wada), setelah menyelesaikan haji tahun ini.

Jamaah sebelumnya telah meninggalkan kota tenda Mina, setelah menyelesaikan lempar jumrah.

Berbicara kepada Saudi Gazette, beberapa jamaah menyatakan kegembiraan karena mendapatkan kesempatan emas memenuhi ibadah haji di antara terbatasnya jumlah karena pencegahan pandemi Corona yang ketat.

Jamaah memuji upaya luar biasa yang dilakukan pemerintah Arab Saudi dan semua lembaga terkait, dalam pelayanananibadah haji dengan mudah dan nyaman.

Meskipun haji ditutup secara resmi pada hari Senin, hari ketiga Tasyriq, para peziarah sudah diizinkan untuk pergi sehari sebelumnya.

Tim besar terdiri dari pasukan keamanan, personil Pertahanan Sipil serta petugas kesehatan terlihat di berbagai titik di Kompleks Jamarat, untuk mengawasi kelancaran pelaksanaan lempar jumrah.

Beberapa jamaah haji dari daerah-daerah akan tinggal selama beberapa waktu tergantung pada jadwal kendaraan kepulangan mereka.

Meskipun sempat diguyur hujan pada Hari Arafah, tapi ritual  haji tetap dapat melaksanaan rangkaian ibadah haji dengan selamat. (T/RS2/P1)

Mi’raj News Agency (MINA)

 

Ikuti saluran WhatsApp Kantor Berita MINA untuk dapatkan berita terbaru seputar Palestina dan dunia Islam. Klik disini.