Jamaah Haji Lakukan Tawaf Qudum Sebelum ke Mina

Makkah, MINA – Sekitar dua juta mulai melakukan ritual Tawaf Al-Qudum (Tawaf Kedatangan) pada Ahad sore (25/6), sebelum mereka menuju untuk menandai dimulainya ibadah haji tahunan pada Hari Tarwiyah, Senin (26/6).

Otoritas Saudi telah menyelesaikan seluruh persiapan bagi jamaah haji, terutama dalam persiapan akhir untuk berangkat ke kota tenda Mina. Saudi Gazette melaporkan.

Jalan-jalan Mekkah dipenuhi tenda-tenda jamaah haji dari semua negara, setelah Arab Saudi mengizinkan haji tahun ini dilakukan tanpa batasan jumlah dan usia jamaah.

Jalanan di sekitar Masjidil Haram dipenuhi ratusan ribu jamaah yang shalat di atas karpet warna-warni di depan hotel dan pertokoan.

Jamaah haji laki-laki dengan pakaian ihram putih berthawaf mengelilingi Ka’bah Suci. Banyak di antara mereka yang membawa payung untuk melindungi dari terik matahari.

Petugas keamanan berdiri menyemprotkan air ke jamaah yang kelelahan karena terik panas.

Di dalam Masjidil Haram, petugas kesehatan tampak bersiaga di berbagai tempat. Sementara para relawan muda mendorong kursi roda yang antre panjang untuk membantu lansia dan orang sakit yang tidak bisa berjalan jauh.

Di sekeliling tempat suci, para pekerja berpakaian hijau membagikan botol air zam-zam dingin, dan yang lainnya menyemprotkan semprotan penyegar dari silinder yang diikatkan di punggung mereka.

Pada Ahad malam, jamaah haji bergerak ke kawasan Mina, sekitar 5 kilometer dari Masjidil Haram, untuk menghabiskan Hari Tarwiyah di tenda-tenda mereka, sebelum melakukan puncak haji, Wuquf di Arafah, Selasa (27/6).

Para peziarah melakukan shalat Dzuhur, Ashar, Maghrib dan Isya di Mina.

Setelah melakukan shalat Subuh pada hari Selasa, jamaah haji mulai meninggalkan Mina dan menuju ke Padang Arafah untuk melakukan Wuquf Arafah.

Lebih dari dua juta jamaah haji diperkirakan menunaikan ibadah haji tahun ini. (T/RS2/P2)

Mi’raj News Agency (MINA)

Ikuti saluran WhatsApp Kantor Berita MINA untuk dapatkan berita terbaru seputar Palestina dan dunia Islam. Klik disini.