Jamaah Kloter 1 Asal Padang Telah Mendarat

, 7 Dzulqa’dah 1437/10 Agustus 2016 (MINA) – Setelah menempuh perjalanan sekitar 8 jam dari Bandara Minangkabau Sumatera Barat, sebanyak 444 jamaah Kloter I asal mendarat di Bandara Amir Muhammad bin Abdul Aziz di Madinah.

Pesawat Garuda GA 3301 berangkat pukul 06.25 WIB dan mendarat pukul 10.16 waktu Arab Saudi atau pukul 14.16 WIB, demikian keterangan pers Kemenag yang diterima Mi’raj Islamic News Agency (MINA).

Setelah melewati cek poin pemeriksaan paspor di imigrasi, jamaah langsung disambut sejumlah pejabat di Arab Saudi. Mereka adalah Duta Besar Indonesia untuk Arab Saudi Agus Maftuh Abegebrial, Sekjen Kemenkes Untung Suseno Sutardjo, Kapuskes Muchtaruddin Mansur, Ketua PPIH Arab Saudi Ahmad Dumyati, dan General Manager Garuda di Arab Saudi Muhammad Luthfi.

Dalam sambutannya, Agus meminta jamaah untuk menjaga kesehatan selama menjalani ibadah haji. Hal ini mengingat cuaca di Madinah cukup panas.

“Selamat datang di Madinah, kota nabi. Melayani jamaah merupakan suatu kehormatan dan kemuliaan bagi kami sebagai petugas. Jaga kesehatan karena cuaca cukup panas di Madinah,” kata Agus di Bandara AMAA Madinah, Selasa (9/8) siang.

Selama penerbangan, setiap kloter didampingi lima petugas yang memberikan pelayanan kepada . Mereka terdiri dari Ketua kloter, petugas pembimbing haji, dan petugas kesehatan.

Setelah melewati gate bandara, jamaah haji diarahkan menuju ruang tunggu sambil menunggu proses imigrasi selesai seluruhnya. Di ruang tunggu tersebut, jamaah haji dapat istirahat untuk shalat atau makan dan minum. Di tengah ruangan tersedia air minum yang disediakan sementara sisi kiri dan kanan ada toilet untuk pria dan wanita.

Selanjutnya jamaah diangkut menggunakan 11 bis menuju Hotel Holiday Villa di wilayah Markaziyah yang menempuh perjalanan sekitar 30 menit. (T/R05/R02)

Mi’raj Islamic News Agency (MINA)