Jama’ah Muslimin Desak Israel Buka Blokade Gaza

Cileungsi, MINA – Jama’ah Muslimin (Hizbullah) mendesak pihak-pihak terkait, terutama Israel untuk segera membuka blokade , Palestina mengingat situasi krisis yang semakin memburuk di wilayah tersebut.

Jama’ah Muslimin (Hizbullah) melalui Majelis Ukhuwah Pusat, Selasa (14/11) menyampaikan pernyataan sebagai berikut:

1. Untuk dan atas nama kemanusian, Jama’ah Muslimin (Hizbullah) dengan ini mendesak Israel segera membuka yang diberlakukan sejak 2005 hingga hari ini.

2. Blokade Gaza yang membatasi lalu lintas orang dan barang, membatasi kebebasan bergerak penduduk Gaza berdampak kesulitan ekonomi telah berlangsung selama hampir dua dekade itu telah menimbulkan krisis kemanusiaan.

3. Krisis kemanusiaan ini diperparah tindakan genosida yang dilakukan secara massif dan membabi buta oleh Israel di Gaza sejak 7 Oktober 2023, berakibat 11 ribu orang meninggal dunia, 1,5 juta orang diusir dan fasilitas medis yang lumpuh di Gaza.

4. Mendesak semua pihak mengutamakan prinsip Hak Asasi Manusia dan kemanusiaan untuk meringankan penderitaan warga sipil Palestina di Gaza yang terancam akibat blokade yang berkepanjangan.

5. Mendesak kepada negara-negara pengekspor minyak menghentikan pasokan minyaknya ke Israel dan boikot semua produk komoditas barang asal Israel pada umumnya sebagai upaya untuk menghentikan blokade Gaza.

6. Mendesak negara-negara yang mendukung dan menyokong blokade seperti Amerika Serikat, Inggris, Jerman dan Perancis untuk segera membuka blokade untuk alasan kemanusiaan semata.

7. Mendesak Jaksa Pengadilan Kriminal Internasional (ICC) untuk menyelesaikan penyelidikan atas kejahatan perang dan kejahatan terhadap kemanusiaan yang dilakukan Israel terhadap rakyat Palestina sejak pemberlakuan blokade Gaza 2005 dan diperparah serangan kepada warga sipil, fasilitas kesehatan, masjid, gereja, fasilitas pendidikan dan fasilitas umum lainnya sejak 7 Oktober 2023 hingga hari ini.

8. Menyerukan kepada masyarakat dunia internasional untuk konsisten menunjukkan solidaritas mengkampanyekan pembukaan blokade Gaza agar kejahatan Israel terhadap Palestina segera dihentikan dan Palestina segera merdeka.

9. Menyerukan kepada negara-negara tetangga Palestina, seperti Saudi Arabia, Mesir dan Yordania sebagai saudara terdekat Palestina untuk menunjukkan sikap Kal jasadil wahidnya saling tolong menolong dan lebih perduli dengan penderitaan warga Palestina seraya bersatu suara untuk kompak menuntut kejahatan Israel menghentikan blokade dan memberikan solusi untuk memerdekakan Palestina.

10. Menyerukan kepada umat Islam di seluruh dunia untuk bersatu padu bahu membahu dalam memerangi kejahatan Israel terhadap kemanusiaan di Palestina dalam tindakan yang konkrit dan senantiasa mendoakan di setiap waktu, tempat dan keadaan yang mustajab agar Masjidil Aqsa, kiblat pertama dan tempat isra mi’rajnya Rasulullah kembali ke pangkuan Muslimin, dibukanya blokade Gaza dan kemerdekaan bagi Palestina sejajar dengan negara–negara lain di dunia yang sudah lebih dahulu memproklamirkan kemerdekaannya. (R/FA/R7/P2)

Mi’raj News Agency (MINA)

Wartawan: sri astuti

Editor: Widi Kusnadi

Ikuti saluran WhatsApp Kantor Berita MINA untuk dapatkan berita terbaru seputar Palestina dan dunia Islam. Klik disini.