Jama’ah Muslimin (Hizbullah) Siap Gelar Tabligh Akbar dan Festival Sya’ban 1440 Hijriyah

Ilustrasi

Bandar Lampung, MINA – Wadah kesatuan umat Islam Jama’ah Muslimin (Hizbullah) tengah bersiap menggelar rangkaian acara Tabligh Akbar dan Festival Sya’ban 1440 Hijriyah yang akan digelar pada Rabu-Ahad, 18-22 Sya’ban 1440 H/24-28 April 2019.

Tabligh Akbar dan Festival Sya’ban 1440 Hijriyah yang digelar di komplek Pondok Pesantren Al-Fatah, Muhajirun, Negararatu, Natar, Lampung Selatan ini mengambil tema utama “Memperkokoh Aqidah Merajut Ukhuwwah Islamiyah Sebagai Implementasi Islam Rahmatan Lil Alamin.”

Ketua panitia M. Waliyulloh, S.Ikom menjelaskan, Senin (8/4), kegiatan Tabligh Akbar dan Festival Sya’ban 1440 H dengan rangkaian acara terdiri dari tabligh akbar, bazar produk Muslim unggulan, expo dunia Islam, seminar pendidikan, Dialog Lintas Generasi, Porseni Al-Fatah IV, dan bakti sosial.

Dia mengatakan, Jama’ah Muslimin (Hizbullah) bersama Pondok Pesantren Al Fatah telah menginisasi kegiatan tahunan akhir Sya’ban sebagai momen muhasabah dan persiapan menyambut Ramadhan dalam kegiatan Tabligh Akbar dan Festival Sya’ban 1440 H ini.

“Kegiatan ini begitu esensial sebagai sebuah seruan atau syiar persatuan dan persaudaraan dalam sistem kepemimpinan yang hanya bermuara pada keridhaan Allah Subhanahu wa Ta’ala,” ujar Waliyulloh sebagaimana keterangan tertulis yang diterima MINA.

Tabligh Akbar sebagai suatu pengajian terbuka rutin digelar setiap tahun menghadirkan pembicara dari unsur ulama serta cendekiawan muslim sesuai tema utama. Target peserta tabligh akbar yang digelar Sabtu-Ahad,27-28 April 2019, dihadiri sekitar 20.000 muslimin dan muslimat dari berbagai wilayah di Indonesia dan luar negeri.

Pembicara utama Imaamul Muslimin Yakhsyallah Mansur, K.H. Abul Hidayat Saerodjie (Pembina Jaringan Pondok Pesantren Shuffah Hizbullah dan Madrasah Al Fatah), Habib Husein Alatas (Ulama dan Pengasuh Rasil Jakarta), Prof. DR. Abdul Aziz Al Safi bin Ismail Aziz (Dosen Fakultas Kedokteran Lincoln University Malaysia), Dr. Ir. M. Yusuf S. Barusman, M.B.A (Rektor Universitas Bandar Lampung), DR. Makmun Saleh, .M.A (Alumni Islamic Science University Sudan), dan Ustaz Derry Sulaiman (Pendakwah).

Tabligh akbar yang digelar di Masjid An-Nubuwwah di komplek Pondok Pesantren Al-Fatah, Muhajirun, Negararatu, Natar, Lampung Selatan, merupakan masjid terbesar di Provinsi Lampung ini rencananya juga akan menghadirkan Duta Besar Qatar dan Gubernur Lampung.

Sementara untuk Festival Sya’ban 1440 H dibuka dengan Pekan Olah Raga dan Seni Al-Fatah se-Indonesia dan Ponpes Se-Lampung digelar pada Kamis-Sabtu, 18 -21 Sya’ban 1440 H /24-27 April 2019 M.

Kegiatan perlombaan olah raga dan penampilan santri Al-Fatah se-Indonesia dan Pondok Pesantren se-Lampung untuk mengetahui perkembangan program pembinaan di Pondok Pesantren Al-Fatah, khususnya dan pondok pesantren lain di Provinsi Lampung.

Materi musabaqoh atau perlombaan antara lain: Pencak Silat dan Karate, Panahan, Qiroatul Kutub, Tahfidzul Quran dan Hadits, Pidato Bahasa Arab dan Inggris, Pementasan Drama tentang Al Aqsha, Pementasan Puisi tentang Al Aqsha, dan Lomba Cerpen tentang Al Aqsha.

Sementara Bazaar dan Ekspo Dunia Islam digelar pada Kamis-Ahad, 19-22 Sya’ban 1440 H /25-28 April 2019 M. Bazar; kegiatan pasar atau jual beli untuk memfasilitasi transaksi niaga berbagai produk halal dan berkualitas dari ummat untuk ummat.

Kegiatan pameran yang mengexplorasi peristiwa dunia Islam dalam bentuk (Pameran foto Al-Aqsha dan Dunia Islam, pemutaran film perjuangan seperti Ar-risalah, Omar Mochtar; Lion of Desert, Fath Qadissiyah dan Napaktilas Sejarah Dakwah di Kalimantan Barat.

Bakti Sosial Kesehatan dan Pendidikan digelar pada Jumat-Sabtu, 20-21 Sya’ban 1440 H / 26-27 April 2019 M. Terdiri dari sunatan massal, pengobatan gratis, dan pemeriksaan kehamilan.

“Sebagaimana tema utama kegiatan ini, kami mengharapkan dapat terjalinnya silaturahmi dan mempererat ukhuwah di antara berbagai komponen umat Islam menuju terwujudnya kesatuan umat,” tambah Waliyulloh.

Selain itu, lanjut dia, menjadi momen mengokohkan aqidah keimanan dengan meningkatkan ilmu dan wawasan bagi tegaknya dinul Islam. Serta menyerukan persatuan persaudaraan sebagai bentuk pengamalan Islam Rahmatan Lil Alamin.(L/R01/P2)

Mi’raj News Agency (MINA)

=====
Ingin mendapatkan update berita pilihan dan info khusus terkait dengan Palestina dan Dunia Islam setiap hari dari Minanews.net. Yuks bergabung di Grup Telegram "Official Broadcast MINA", caranya klik link https://t.me/kbminaofficial, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.