Jama’ah Muslimin Tetapkan Awal Ramadan Sabtu 2 April 2022

Bogor, MINA – Jama’ah Muslimin (Hizbullah) sebagai wadah kesatuan umat Islam berpusat di Indonesia, menetapkan awal Ramadan 1443 Hijriyah jatuh pada Sabtu 2 April 2022.

“Berdasarkan hasil laporan pemantauan hilal dari seluruh wilayah di dunia, hilal terlihat di Arab Saudi. Dengan bertawakal kepada Allah Subhanahu wa Ta’ala semata dan sebagai wujud tanggung jawab kepada Muslimin dalam melaksanakan ibadah yang dikaitkan dengan bulan-bulan Ramadan, Syawal, Dzulhijjah, maka 1 Ramadan 1443 H jatuh pada hari Sabtu tanggal 2 April 2022 M,” demikian Imaam Jama’ah Muslimin (Hizbullah), KH.Yakhsyallah Mansur.

Imam dalam tausiyahnya pada sidang Dewan Hisab dan Ru’yat mengatakan, jika terlihat hilal (awal bulan) di suatu negeri, maka berlaku di negara yang lain.

“Salah satu metode menentukan awal Ramadan adalah melalui Rukyatul Hilal. Artinya, bulan Sabit bisa dilihat secara fisik, baik melalui mata telanjang atau dengan bantuan alat penglihatan lainnya,” kata Imam.

Jama’ah Muslimin menggunakan metode rukyat global, yang berarti jika hilal sudah terlihat di sebuah negeri, maka berlaku untuk negeri lainnya (L/R4/P2)

Mi’raj News Agency (MINA)