Jelang Aksi Protes, Akses Jalan ke Islamabad Ditutup

Islamabad, MINA – Menjelang aksi protes para pendukung Imran Khan, semua jalan menuju ibu kota Pakistan, Islamabad ditutup sejak Rabu (25/5). Chanel News Asia melaporkannya.

Semua jalan masuk dan keluar yang mengarah ke ibu kota diblokir oleh polisi di sekitar kota-kota utama terdekat Peshawar, Lahore dan Multan. Polisi menerbitkan rencana rekayasa lalu lintas yang menunjukkan blokade total kota dan kehadiran keamanan yang ketat.

Sementara itu, pemerintah koalisi yang dipimpin oleh Perdana Menteri Shehbaz Sharif telah berjanji untuk menghentikan para pendukung Khan yang akan melakukan aksi hari ini (Kamis, 26/5). Shehbaz Sharif menyebut aksi unjuk rasa itu sebagai upaya untuk memecah belah bangsa dan menimbulkan kekacauan di berbagai daerah.

Sejak dilengserkan dari kekuasaan melalui mosi tidak percaya pada bulan lalu, Khan terus memberikan tekanan pada pemerintah koalisi baru dengan menggelar demonstrasi massal di seluruh negeri. Ia berencana memimpin puluhan ribu orang dari basis kekuasaannya di kota Peshawar ke ibu kota Islamabad.

Pemerintah dan polisi mengatakan bahwa para pemrotes telah berencana untuk bergabung dalam pawai dengan membawa senjata. Sementara itu menurut Kepala Menteri Punjab Hamza Shahbaz Sharif, seorang petugas polisi ditembak mati selama penggerebekan.

Khan menang dalam pemilihan umum pada 2018 lalu, didukung dua partai besar negara itu. Khan sebagai mantan bintang olahraga populer telah berjanji untuk menghapus puluhan tahun korupsi dan kronisme di negeri itu.

Namun, ia dinilai gagal memperbaiki situasi ekonomi yang terus memburuk, utang yang terus membengkak, ditambah inflasi yang tidak terkendali di negeri itu. (R/P2/R1)

 

Mi’raj News Agency (MINA)

 

=====
Ingin mendapatkan update berita pilihan dan info khusus terkait dengan Palestina dan Dunia Islam setiap hari dari Minanews.net. Yuks bergabung di Grup Telegram "Official Broadcast MINA", caranya klik link https://t.me/kbminaofficial, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.