Jelang Piala Dunia U-17 FIFA 2023, Rumput Stadion Utama JIS Disempurnakan

Jakarta International Stadium (JIS) yang berlokasi di Ancol, Jakarta Utara.(Foto: Istimewa)

Jakarta, MINA – PT Jakarta Propertindo (Perseroda) (Jakpro) berkomitmen untuk melakukan penyempurnaan dan persiapan terbaik bagi Jakarta International Stadium (JIS) menjelang perhelatan internasional Piala Dunia U-17 FIFA yang berlangsung pada 10 November-2 Desember 2023 mendatang. Salah satunya yang sedang dikerjakan saat ini adalah proses perawatan (treatment) rumput di stadion utama.

Proses perawatan rumput di stadion utama yang sedang berjalan saat ini memiliki beberapa tahapan. Diantaranya, penggulungan rumput yang dilakukan secara manual untuk menjaga keutuhan akar, kemudian dipindahkan ke lokasi nursery (ruang pembibitan) rumput, dan proses perawatan yang berlangsung di lokasi nursery.

“Proses penggantian rumput ini kedepannya akan sering kita lakukan mengingat intensitas setiap pertandingan sepakbola berbeda-beda, ada yang dua kali sehari atau tiga kali sehari, sehingga kualitas rumput pun perlu dijaga sesuai dengan intensitas pertandingan dan penggunaan lapangan tersebut,” ujar Direktur Utama Jakpro, Iwan Takwin, dalam keterangan tertulis diterima MINA, Kamis (31/8).

Baca Juga:  KNEKS Sampaikan Presentasi Khusus Pengembangan Ekonomi Syariah Indonesia di Brunei

Iwan juga menyebutkan, kedepannya akan ada lebih dari satu nursery. “Rumputnya harus siap dipindahkan kapan pun dan yang di nursery bisa digunakan untuk back up bila diperlukan sewaktu-waktu, sehingga penting untuk kita memiliki beberapa lokasi nursery agar memastikan bahwa kualitas rumput yang digunakan senantiasa sesuai dengan yang direkomendasikan oleh FIFA,” imbuhnya.

Proses perawtan rumput lapangan JIS dilakukan supaya rumput bisa tumbuh lebih optimal dan sempurna. Selain itu, proses perawatan juga untuk mengantisipasi rumput terkelupas atau rusak karena intensitas pertandingan Piala Dunia U-17 yang tinggi. Salah satu caranya dengan proses perawatan di nursery, sehingga pertandingan di setiap matchday-nya yang terselenggara di JIS bisa sukses dengan kondisi rumput yang prima.

Baca Juga:  Takhbib, Pengertian dan Hukumnya Menurut Islam

“Proses treatment yang ada di nursery ini untuk memastikan supaya rumput tumbuh lebih baik dan sempurna, rumputrumput yang mengalami stress karena intensitas pertandingan yang tinggi ini kita treatment di nursery agar rumput tersebut bisa melakukan recovery dan tumbuh normal kembali,” ujarnya.

Jakarta International Stadium (JIS) akan menjadi venue utama di mana akan menjadi tempat dua grup berlaga, termasuk kandang Timnas U-17 Indonesia. Selain JIS, penyelenggaraan turnamen dunia yang berlangsung pada 10 November sampai 2 Desember itu akan digelar di Stadion Si Jalak Harupat (Bandung), Stadion Manahan (Solo), dan Stadion Gelora Bung Tomo (Surabaya).(R/R1/P2)

Mi’raj News Agency (MINA)

Wartawan: Rana Setiawan

Editor: Widi Kusnadi