Jembatan Terpanjang di Aceh Ditargetkan Selesai Tahun Ini

Banda Aceh, MINA – Pelaksana Tugas Gubernur Aceh Nova Iriansyah mengunjungi proyek pembangunan jembatan penghubung Kilangan-Kayu Menang Aceh Singkil.

Dalam kunjungan tersebut, Selasa (5/3) Nova menargetkan jembatan yang digadang-gadang menjadi jembatan terpanjang di Aceh ini, bisa digunakan akhir tahun nanti.

Jembatan tersebut menghubungkan langsung Kabupaten Aceh Selatan dan Aceh Singkil, sehingga dengan dibangunnya jembatan penghubung itu wilayah Singkil dapat terakses langsung dengan Aceh Selatan.

“Ditargetkan dalam tahun 2019, selama 7 bulan setengah ke depan pembangunan jembatan tersebut dapat dituntaskan. Sehingga masyarakat setempat dapat memanfaatkan sarana konektivitas tersebut,” sebut Nova, Selasa (5/3).

Tidak tanggung-tangung, pemerintah Aceh bahkan menggelontarkan dana sebesar Rp 48 Miliyar, untuk pembangunan jembatan tersebut.

Ia meminta pemenang tender pembangunan jembatan tersebut dapat bekerja profesional agar jembatannya berkualitas. Menurut dia, jembatan itu sangatlah vital, sebab fungsinya sebagai saranan penghubung Aceh singkil dan Aceh Selatan.

Selain pembangunan jembatan, Nova bertekad untuk segera merampungkan akses jalan darat dari Kuala Baru menuju Aceh Selatan. Tekad merampungkan jalan itu ditargetkan pada tahun 2021.

Seperti diketahui, pembangunan Jembatan Kilangan- Kuala Baru itu telah dilaksanakan sejak tahun 2014 dengan alokasi anggaran Rp. 8,98 miliar, di tahun selanjutnya dianggarkan Rp. 3,63 miliar. Pembangunan jembatan itu sempat putus kontrak pada tahun 2016, lalu dilanjutkan pembangunan pada tahun 2017 dengan alokasi anggaran Rp. 9,09 miliar. Kemudian tahun 2018 11,92 miliar dan pada tahun ini dianggarkan Rp. 48,00 miliar. (L/AP/P1 )

Mi’raj News Agency (MINA)