Jepang Ajukan Proposal untuk Perdamaian Palestina-Israel

Netanyahu dan Perdana Penteri (Foto: File)

Nazareth, MINA – Sumber media mengatakan bahwa Jepang menyatakan keinginannya untuk menyelenggarakan sebuah konferensi antara pihak dan , tanpa melibatkan Amerika Serikat (AS) untuk perundingan dengan para pihak itu.

Jepang telah menyatakan keinginannya untuk menyelenggarakan sebuah konferensi perdamaian dalam beberapa bulan mendatang, dengan partisipasi Perdana Menteri Israel Benjamin Netanyahu, Presiden Otoritas Palestina Mahmoud Abbas dan penasihat khusus Presiden AS Jared Kushner, seperti diberitakan Walla pada hari Selasa (26/12).

Media tersebut menyebutkan, Menteri Luar Negeri Jepang Taro Kono mengajukan proposal ini ke Abbas dan Netanyahu. Perdana Menteri Jepang Shinzo Abe adalah bagian dari keinginan Tokyo untuk menandatangani sebuah kesepakatan damai bersama antara pemerintah Israel, Otoritas Palestina, Yordania dan Jepang.

Jepang adalah salah satu negara donor terbesar bagi Otoritas Palestina dan dalam dekade terakhir telah meningkatkan partisipasi ekonominya dan menyatakan keinginannya untuk mempromosikan stabilitas regional dan sebuah kesepakatan damai berdasarkan kepentingan ekonomi.

Media Jepang mengatakan, Menteri Luar Negeri Taro Kono tiba di Israel pada hari Senin (25/12) sebagai bagian dari tur regional yang juga mencakup Yordania, Turki dan Oman.

Media Quds Press melaporkan, Kono bertemu di bersama Presiden Israel Reuven Rivlin, Netanyahu dan Menteri Pembangunan Daerah Tzachi Hanegbi, dan kemudian pergi ke Ramallah dan Jericho.

Perlu dicatat sebelumnya orang-orang Palestina mengumumkan penolakan mereka atas sponsor perundingan Amerika dengan pemerintah Israel setelah pengakuan Presiden AS Donald Trump Yerusalem sebagai ibu kota pendudukan Israel, dan meminta sponsor baru untuk proses perdamaian. (T/B05/RS2)

Mi’raj News Agency (MINA)

Wartawan: Zaenal Muttaqin

Editor: Widi Kusnadi

Ikuti saluran WhatsApp Kantor Berita MINA untuk dapatkan berita terbaru seputar Palestina dan dunia Islam. Klik disini.