Jepang Bertekad Tingkatkan Kerjasama Pembangunan Infrastruktur dan Investasi Dengan RI

(Foto: Istimewa)

Jakarta, MINA – Jepang bertekad meningkatkan kerjasama dengan Indonesia di bidang yang sudah ditetapkan sebagai prioritas kebijakan seperti pelatihan kejuruan, peningkatan investasi dan pembangunan infrastruktur serta ekspor.

Hal itu disampaikan Duta Besar Jepang untuk Indonesia, Ishii Masafumi, dalam sambutannya pada “Perayaan Hari Ulang Tahun Kaisar; Era Baru Reiwa, dan Tuan Rumah Olimpiade dan Paralimpiade Tokyo 2020”, di Jakarta, Selasa malam (18/2).

“Prioritas arah kebijakan kita saling melengkapi. Sementara Jepang membutuhkan tenaga kerja muda berbakat, Indonesia membutuhkan kesempatan untuk pelatihan kejuruan bagi pemudanya,” katanya.

Perayaan HUT Kaisar
Naruhito. Pada 1 Mei 2019 lalu merupakan Hari Penobatan kaisar baru sekaligus menandai telah dimulainya era baru yang disebut Reiwa.

Masafumi didampingi Dubes Jepang untuk ASEAN Chiba Akira dan Menteri Koordinator Perekonomian Indonesia Airlangga Hartarto, menyebut, Reiwa memiliki makna ‘keselarasan yang indah’, sehingga hal itu juga mencerminkan hubungan bilateral antara Indonesia dan jepang.

“Jepang mempunyai motto ‘Kerja Bersama, Maju Bersama’, sementara pemerintahan Presiden Jokowi disebut ‘Kabinet Kerja dan Kabinet Indonesia Maju’, ini bukan kebetulan karena selama ini hubungan kedua negara kita selalu dari hati ke hati,” katanya.

Dubes Masafumi juga mengungkapkan kerjasama dilakukan pada pembangunan MRT yang merupakan kereta bawah tanah pertama di Jakarta yang mulai beroperasi Maret 2019.

“Kehidupan kota Jakarta sehari-hari akan berubah lebih baik sejalan dengan semakin luasnya jaringan MRT yang saat ini sedang kami kembangkan,” katanya.

Perayaan Hari Nasional Jepang kali ini yang merupakan perayaan pertama setelah dimulainya pemerintahan Presiden Jokowi periode kedua itu juga dihadiri Wakil Presiden RI ke-10 dan ke-12 Jusuf Kalla, Menteri Agraria dan Tata Ruang/Kepala Badan Pertanahan Nasional (ATR/BPN) Sofyan Djalil, Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi, Wakil Ketua DPR RI Koordinator Bidang Industri dan Pembangunan (Korinbang) Rachmat Gobel, tokoh nasional dan duta besar negara sahabat.

Jepang untuk kedua kalinya akan menjadi tuan rumah Olimpiade dan Paralimpiade Tokyo 2020.

“Dengan keberhasilan Indonesia menjadi tuan rumah Asian Games 2018, saya berharap dan yakin tim Indonesia juga akan meraih hasil gemilang di Tokyo,” ujarnya.(L/R1/RS1)

Mi’raj News Agency (MINA)