JEPANG KIRIM UTUSAN KHUSUS TEMUI PIMPINAN ISRAEL DAN PALESTINA

Ramallah, 18 Jumadil Akhir 1435/18 April 2014 (MINA) – Pemerintah Jepang mengungkapkan telah mengirim utusan khusus menemui pemimpin-pemimpin Palestina dann Israel untuk ikut mendorong tercapainya perdamaian antara kedua fihak.

Dinyatakan, perundingan perdamaian Palestina dan Israel berada pada titik waktu krusial. Kedua belah pihak yang bersangkutan harus serius berpartisipasi dalam negosiasi yang dimediasi oleh Amerika Serikat, dan menahan diri dari tindakan sepihak yang dapat mempengaruhi negosiasi negatif. Demikian pernyataan Pemerintah Jepang, Kamis, berkaitan dengan perkembangan terakhir di Timur Tengah.

Kedua belah pihak perlu menunjukkan fleksibelitas berkaitan dengan isu-isu mendasar dari negosiasi menuju solusi dua Negara dan melakukan upaya lebih lanjut menjembatani kesenjangan, kata pernyataan itu. Demikian Kantor Berita WAFA yang dikutip Mi’raj Islamic News Agency (MINA).

Pemerintah Jepang juga mengungkapkan dalam pernyatannya ini, bahwa dalam rangka partisipasinya membangun perdamaian di Timur Tengah, Pemerintah Jepang mengirim Duta Besar Yutaka Iimura, ke Israel dan Palestina dari 14-15 April 2014 yang baru lalu.

Dalam  pertemuan terpisah masing-masing dengan Yitzhak Molcho, Penasehat Perdana Menteri Negara Israel dan Mahmoud Abbas, Presiden Palestina, utusan khusus Jepang itu  menyampaikan posisi Jepang dan mendorong mereka untuk melanjutkan perundingan perdamaian. (T/P010/IR)

Mi’raj Islamic News Agency (MINA)

 

Comments: 0