Jepang Sumbang 4 juta Dolar AS Untuk Pengadaan Pangan Warga Gaza

, 9 Muharram 1438/10 Oktober 2016 (MINA) – Jepang menyumbangkan  4 juta dolar AS kepada Badan Bantuan dan Pekerjaan PBB untuk (), sebagai bantuan buat pengadaan pangan bagi warga Palestina di Gaza yang sangat menderita akibat blokade Israel.

Duta Besar / Perwakilan dari Jepang untuk Otoritas Palestina, Takeshi Okubo dan  Komisaris Jenderal UNWRA Pierre Krähenbühl menandatangani perjanjian untuk bantuan sebesar  JPY 420 juta (sekitar $ 4 juta) itu.

Ini adalah bantuan Jepang mendukung program pangan UNWRA untuk tahun kelima berturut-turut. Demikian WAFA memberitakan yang dikutip Mi’raj Islamic News Agency (MINA), Senin.

“Mengingat blokade yang sedang berlangsung, sekarang di tahun kesepuluh, dan keseluruhan kondisi sosial ekonomi yang mengerikan di daerah kantong pesisir, kerawanan pangan masih menjadi isu penting di Gaza. Banyak keluarga pengungsi Palestina menghadapi kesulitan dalam memenuhi kebutuhan pangan minimum mereka,” kata Komisaris Jenderal Pierre Krähenbühl.

Sumbangan terbaru Jepang ini akan diberikan pada hampir 100.000 pengungsi Palestina di Gaza untuk distribusi makanan pada tahun 2017 dan 2018 berupa kebutuhan dasar seperti tepung terigu, kacang-kacangan, dan minyak bunga matahari.

“Jepang tetap menjadi mitra murah hati dan sangat dihargai dari UNRWA, dan kami benar-benar bersyukur untuk kemitraan lanjutan mereka dan solidaritas,” kata Komisaris UNRWA Jenderal Pierre Krähenbühl, yang akan mengunjungi Jepang akhir bulan ini.

“Dukungan ini akan membantu memastikan bahwa UNRWA terus memberikan bantuan makanan penting untuk pengungsi Palestina, sebagai bagian dari upaya kami yang lebih luas untuk memenuhi kebutuhan dasar yang paling rentan di Gaza,” katanya.

Takeshi Okubo, Duta Besar Luar Palestina dan Perwakilan dari Jepang untuk Otoritas Palestina, menegaskan komitmen Jepang untuk mendukung UNRWA.

Dia mengatakan, sangat bangga dalam hubungan dengan UNRWA. Dengan bekerja sama, kami dapat memberikan dukungan penting untuk pengungsi Palestina, khususnya di Gaza, banyak dari mereka yang menghadapi kerawanan pangan di tantangan mengerikan dan kesulitan berkembang.

Jepang terus menjadi pendukung yang diandalkan dan konsisten dari UNRWA. Pada tahun 2015 lalu , Jepang termasuk  lima donor terbesar UNRWA. Komitmen terbaru ini menjadikan total kontribusi Jepang untuk UNRWA pada tahun 2016 menjadi sekitar AS $ 44.000.000. (T/P005/P2)

Mi’raj Islamic News Agency (MINA)

Ikuti saluran WhatsApp Kantor Berita MINA untuk dapatkan berita terbaru seputar Palestina dan dunia Islam. Klik disini.