Jepang Tekan Israel Sepakati Solusi Dua Negara

Tokyo, MINA – Menteri Luar Negeri , Hayashi Yoshimasa dalam panggilan telepon dengan Menteri Luar Negeri , Eli Cohen menyampailan keprihatinan atas tindakan sepihak Israel di wilayah Palestina, dan menekan negara itu untuk menyepakati solusi dua negara dalam konflik dengan Palestina.

“Jepang prihatin dengan tindakan sepihak (Israel) baru-baru ini yang mengakibatkan meningkatnya ketegangan,” kata Yoshimasa kepada Cohen, Middle East Monitor melaporkan sebagimana dikutip MINA, Sabtu (21/1).

Yoshimasa menekankan, Tokyo berkomitmen membantu warga Palestina untuk mencapai solusi dua negara.

Sementara itu, Eli Cohen menyampaikan, negaranya menghormati status quo tempat-tempat suci, termasuk Yerusalem. Akan tetapi, beberapa pekan lalu, Menteri Keamanan Nasional sayap kanan Israel, Ben-Gvir melakukan provokasi denganmenyerbu kompleks Masjid Al-Aqsha di Yerusalem Timur.

Tindakan tersebut memicu kecaman dari negara-negara di seluruh dunia, termasuk Yordania, Turki, Amerika Serikat, Arab Saudi, Qatar, Pakistan dan negara-negara Eropa.

Israel diduga keras secara sistematis bekerja untuk Yahudisasi di Yerusalem, melenyapkan identitas Arab dan Islam.  (R/P2/RS2)

Mi’raj News Agency (MINA)

Ikuti saluran WhatsApp Kantor Berita MINA untuk dapatkan berita terbaru seputar Palestina dan dunia Islam. Klik disini.