Jerman Serukan Solusi Politik Damai di Venezuela

Berlin, MINA – Pemerintah memperingatkan konflik bersenjata di dan meminta pihak mereka mengambil langkah-langkah politik untuk membuka jalan bagi solusi damai.

“Kami tidak berpikir kekerasan sebagai jalan menyelesaikan masalah. Kami membutuhkan , bukan solusi militer,” tulis Menteri Luar Negeri Jerman Heiko Maas dalam sebuah posting TwitterAnadolu Agency melaporkan.

Dia menegaskan kembali dukungan Jerman kepada Pemimpin Oposisi Juan Guaido, untuk memulai proses politik yang mengarah pada pemilihan umum yang bebas dan adil di negara itu.

Pernyataannya itu disampaikan di tengah meningkatnya ketegangan di Venezuela, setelah laporan upaya kudeta terhadap Presiden Nicolas Maduro.

Sebelumnya, pemimpin oposisi Juan Guaido merilis video di Twitter di mana ia terlihat bersama tentara, menyerukan pemberontakan untuk mengakhiri “perebutan” Presiden Maduro.

Maduro, pada bagiannya, meminta orang-orang turun ke jalan “untuk melindungi tanah air dan ketertiban konstitusional”.

Venezuela telah diguncang aksi protes sejak 10 Januari, ketika Maduro dilantik untuk masa jabatan kedua setelah pemungutan suara yang diboikot oleh oposisi.

Ketegangan meningkat ketika Guaido, yang mengepalai Majelis Nasional Venezuela, menyatakan dirinya sebagai presiden pada 23 Januari, suatu langkah yang didukung oleh AS dan banyak negara Eropa serta Amerika Latin. (T/Ast/P2)

Mi’raj News Agency (MINA)

Ikuti saluran WhatsApp Kantor Berita MINA untuk dapatkan berita terbaru seputar Palestina dan dunia Islam. Klik disini.