JIC Gelar Kontes Robotik Terbesar di Jakarta

, MINA – Jakarta Islamic Center () akan menggelar terbesar di Jakarta pada tanggal 23-24 Februari 2019 mendatang. Kegiatan itu merupakan rangkaian dari acara Jakarta Islamic Education Fair (JIEF) 2019.

Dari keterangan tertulis yang diterima MINA, Jumat (25/1), penyelenggaraan kontes robotik dalam rangka memperkuat pemahaman dan wawasan seputar sains, mekanika dan elektronika robot bagi pelajar-pelajar Muslim Jakarta yang dikemas dalam bentuk kompetisi.

Kepala Divisi Pengkajian dan Pendidikan JIC Rakhmad Zailani Kiki mengatakan, peluang dan tantangan era Revolusi Industri 4.0 saat ini harus dihadapi dan diantisipasi dengan sebaik mungkin, khususnya bagi lembaga pendidikan Islam Jakarta.

“Kami ingin membantu memajukan pendidikan Islam, khususnya di Jakarta. Karena kita semua faham bahwa dikotomi pendidikan Islam dan umum masih sangat kuat di negeri ini. Dan ironisnya pendidikan Islam selalu menjadi sub ordinat dari pendidikan nasional,” ujarnya

Menurutnya, robot merupakan salah satu ikon yang banyak menginspirasi anak-anak dari sejak dulu hingga saat ini. Terlebih lagi di era revolusi Industri 4.0 semakin canggih hingga menggunakan jaringan internet.

“Dengan adanya kontes robotik ini, diharapkan dapat menambah penguasaan sains, mekanika dan elektronika di bidang robotik. Untuk penyelenggaraan kontes robotik, kita telah bekerja sama dengan rumah Robot Racer dan Motecors,” katanya.

JIEF 2019 merupakan penyelenggaraan ketiga event pameran pendidikan Islam yang dilaksanakan oleh Divisi Pengkajian dan Pendidikan JIC.

JIEF perdana dilaksanakan pada tahun 2017, selanjutnya untuk kedua kalinya dilaksanakan pada tahun 2018. Akhirnya, JIEF saat ini merupakan rangkain kegiatan yang ketiga. Dan JIEF  dapat memastikan akan lebih meriah dan lebih semarak dibanding tahun sebelumnya. (R/Ayu/R06)

Mi’raj News Agency (MINA)

Ikuti saluran WhatsApp Kantor Berita MINA untuk dapatkan berita terbaru seputar Palestina dan dunia Islam. Klik disini.