JK Ajak Masyarakat Bangga Gunakan Bahasa Indonesia

Jakarta, MINA – Wakil Presiden Jusuf Kalla  membuka secara resmi  (KBI) ke-XI dengan mengajak seluruh masyarakat untuk bangga menggunakan Bahasa Indonesia.

“Kita bersyukur bahwa bangsa kita yang besar ini bahasa resminya hanya satu yakni Bahasa Indonesia,” ungkap Wapres Jusuf Kalla, saat menyapa 250 orang perwakilan peserta KBI ke-XI didampingi Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Muhadjir Effendy, di Istana Wakil Presiden, Jakarta, Senin (29/10).

KBI ke-XI tahun 2018 yang berlangsung pada tanggal 28-31 Oktober 2018, mengangkat tema “Menjayakan Bahasa dan Sastra Indonesia”.

JK mengemukakan, cikal bakal Bahasa Indonesia adalah bahasa Melayu Riau, walaupun bahasa tersebut bukan menjadi bahasa terbesar penggunanya ketika para pemuda Indonesia mendeklarasikan Bahasa Indonesia sebagai bahasa persatuan pada Kongres Pemuda tanggal 28 Oktober 1928.

“Semua itu memberikan rasa bangga dan rasa terima kasih kita kepada para pendiri bangsa yang telah mengusulkan dan menyetujui penggunaan bahasa Melayu Riau yang dipakai sebagai bahasa negara,” ujarnya.

Lebih lanjut JK mengatakan Bahasa Indonesia merupakan bahasa ketiga atau keempat yang paling banyak dipakai di dunia.

“Menjadi kekuatan kita Bahasa Indonesia menggunakan huruf latin. Di Asia ini hanya Indonesia, Malaysia, Brunei Darussalam, dan Filipina yang menggunakan huruf latin, sehingga dapat memudahkan kita dalam berorientasi dengan bahasa-bahasa lainnya. Karena itulah kita menggunakan bahasa yang lebih praktis,” jelasnya.

Ia juga berharap Bahasa Indonesia dapat terus dikembangkan lagi kosa katanya dengan mengikuti perkembangan zaman.

“Mudah-mudahan Kongres Bahasa Indonesia ini dapat memberikan kemajuan dan pencerahan kepada masyarakat tentang bagaimana menggunakan bahasa Indonesia baku tetapi tetap moderen dan mengikuti perkembangan zamannya,” pesannya.

Terkait ini, sebelumnya Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Mendikbud), Muhadjir Effendy, dalam laporannya mengatakan, Kongres Bahasa Indonesia XI dilaksanakan, selain membicarakan pengembangan dan pembinaan bahasa dan sastra di tanah air, juga membicarakan tentang penegakan peraturan kebahasaan serta perlindungan bahasa dan sastra daerah yang menjadi kekayaan bangsa dan identitas utama kebinnekaan suku bangsa yang tidak boleh punah.

“Kongres ini diikuti 1.031 peserta, termasuk peserta asing yang datang dari 12 negara sahabat. Kehadiran peserta asing juga sebagai representasi program internasionalisasi Bahasa Indonesia ke manca negara yang sedang berjalan,” jelasnya.

Tema yang diangkat dalam pelaksanaan KBI tersebut, kata Mendikbud, menggambarkan kondisi bahasa di tanah air, secara khusus di ruang publik, yang semakin dipenuhi oleh penggunaan bahasa asing yang tidak pada tempatnya.

“Ruang publik adalah representasi kehadiran negara melalui bahasa negara, dan Bahasa Indonesia harus menjadi tuan rumah di negaranya sendiri,” ujarnya. (R/R10/P1)

 

Mi’raj News Agency (MINA)

Ikuti saluran WhatsApp Kantor Berita MINA untuk dapatkan berita terbaru seputar Palestina dan dunia Islam. Klik disini.