JK Ajak Penyintas Covid-19 Donor Plasma Konvalesens

Banda Aceh, MINA – Ketua Palang Merah Indonesia () Jusuf Kalla mengimbau penyintas mendonorkan plasma darah ke Unit Donor Darah (UDD) PMI terdekat untuk membantu penderita Covid-19 bergejala sedang dan berat.

Hal tersebut disampaikannya setelah meninjau Unit Doroh Darah PMI Kota Banda Aceh, Selasa (29/12).

“Mereka semua adalah keluarga kita, teman-teman kita, masyarakat umum, yang membutuhkan perawatan, membutuhkan pengobatan. Salah satu pengobatan yang direkomendasikan, apabila sudah dalam tahap kritis, yaitu diberikan ,” katanya.

Ia menjelaskan, sejak awal temuan plasma konvalsesns sebagai terapi pendamping penderita covid-19, PMI telah mendistribusikan 1.345 kantong plasma konvalsesns ke ratusan rumah sakit.

Namun, permintaan tersebut belum terpenuhi secara maskimal lantaran kekurangan donor, apalagi kasus positif Covid-19 di Indonesia menyentuh angka 719.219 per 28 Desember 2020.

menyampaikan, sekitar 100.000 orang dari jumlah tersebut merupakan kasus aktif atau masih dalam perawatan yang membutuhkan plasma konvalesens sebagai terapi pendamping.

“Palang Merah Indonesia siap untuk menerima semua pendonor yang memenuhi syarat untuk diberikan kepada masyarakat yang mengalami perawatan. Karena Itu, saya harapkan untuk sama-sama beramal untuk keselamatan kita semua atau masyarakat yang masih dalam perawatan. Itulah harapan kita semua, dan amal anda pasti mendapat balasan dari Allah SWT,” jelasnya. (R/SR/R1)

 

Mi’raj News Agency (MINA)