JK: Bersatunya Umat Beragama Jadikan Indonesia Negara Damai

Kehadiran tokoh bangsa di Kantor MUI Pusat Jakarta, pada Jumat 14 Juni 2024 (Foto: MUI)

Jakarta, MINA – Wakil Presiden RI ke-10 dan ke-12 Jusuf Kalla mengatakan, bersatunya umat beragama menjadikan Indonesia negara yang tetap damai. Hal ini disampaikannya saat silaturahim di Kantor MUI, Jakarta Pusat

Kehadiran tokoh bangsa yang akrab disapa JK itu ke Kantor MUI bersama dengan Panglima TNI Jenderal Agus Subiyanto untuk silaturahim dan Tukar Pikiran tentang Peran TNI dalam Mewujudkan Perdamaian Dunia.

JK menuturkan, dalam dua puluh tahun terakhir ini, 60 persen negara yang berkonflik merupakan negara mayoritas umat Muslim.

“Ada situasi dimana kita betul-betul membuat dorongan kedamaian di antara umat. Maka segala upaya kita harus membantu,” kata JK yang juga Ketua Dewan Masjid Indonesia (DMI) ini.

Baca Juga:  Hotel di Jepang Tolak Turis asal Israel

JK bercerita ketika Indonesia mengalami masa konflik seperti yang pernah terjadi di Poso, Ambon, dan Aceh. Hal itu terjadinya karena faktor agama.

Menurutnya, konflik yang ditimbulkan akibat agama sangat sulit untuk diatasi. Sebab, keduanya sama-sama menjanjikan surga.

“Dipihak kita dipikir jihad dan (kristen) perang suci. Saya katakan ketika konflik Ambon dan Poso, kalian masuk nereka. Tidak ada ayat dan perintah, membakat geraja dan masjid, saling membunuh masuk surga. Kalian masuk nereka. (Akhirnya) berhenti,” ungkapnya.

JK juga berbicara mengenai peluang kemerdekaan Palestina. Menurutnya, jika Palestina merdeka, maka Hamas dan Fattah harus bersatu.

“Saya bilang, Anda bersatu dulu. Kalau Anda berseteru gimana saya membantu. Satu ingin berunding, satu ingin perang,” tuturnya.

Baca Juga:  Ponpes Al-Fatah Ciamis Wisuda 51 Santri

Menurutnya, tidak bersatunya antara Hamas dan Fattah serta negara-negara Arab menjadi salah satu faktor sulitnya negara Palestina merdeka.

Selain itu, ada peran Amerika hingga saat ini yang terus memasok senjata kepada Israel yang membuat konflik ini belum berakhir.

JK mendorong semua pihak untuk terus menggalang solidaritas agar konflik yang terjadi di Palestina bisa berakhir. Salah satu bentuk solidaritas adalah penggalangan bantuan untuk rakyat Palestina.

Kehadiran JK bersama Panglima TNI Jenderal Agus Subiyanto di Kantor MUI diterima oleh Sejumlah Dewan Pimpinan MUI antara lain Waketum MUI KH Marsudi Syuhud dan Sekjen MUI Buya Amirsyah Tambunan.[]

Mi’raj News Agency (MINA)

Wartawan: kurnia

Editor: Widi Kusnadi