Image for large screens Image for small screens

SCROLL TO CONTINUE WITH CONTENT

Damai di Palestina = Damai di Dunia

ADVERTISEMENT

SCROLL TO CONTINUE WITH CONTENT

JK dan Menlu Retno Raih MUI Mujahid-Mujahidah Awards

Rudi Hendrik Editor : Widi Kusnadi - 40 menit yang lalu

40 menit yang lalu

5 Views

Jakarta, MINA - Majelis Ulama Indonesia menganugerahkan MUI Mujahid dan Mujahidah Awards kepada Wakil Presiden RI ke-10 dan 12 Jusuf Kalla (JK) dan Menteri Luar Negeri RI Retno LP Marsudi di Puri Agung, Hotel Sahid Jaya, Jakarta, Kamis, 3 Oktober 2024. (Foto: MUI)

Jakarta, MINA – Majelis Ulama Indonesia menganugerahkan MUI Mujahid dan Mujahidah Awards kepada Wakil Presiden RI ke-10 dan 12 Jusuf Kalla (JK) dan Menteri Luar Negeri RI Retno LP Marsudi di Puri Agung, Hotel Sahid Jaya, Jakarta, Kamis (3/10).

Ketua MUI Bidang Hubungan Luar Negeri dan Kerjasama Internasional Prof. Sudarnoto Abdul Hakim mengatakan, penganugerahan tersebut berdasarkan komitmen yang kuat dari Jusuf Kalla dan Retno Marsudi dalam memajukan perdamaian dunia, termasuk dalam mendukung perjuangan kemerdekaan bangsa Palestina.

“Bapak JK dan Ibu Retno selalu mendukung dan menginisiasi resolusi PBB tentang Palestina, baik di Dewan Keamanan PBB maupun Sidang Majelis Umum PBB,” kata Sudarnoto yang juga Ketua Steering Committee.

Indonesia sering sekali menjadi motor utama resolusi PBB terkait bantuan kemanusiaan bagi pengungsi Palestina.

Baca Juga: Ahmad Muzani Resmi Menjadi Ketua MPR RI Periode 2024-2029

Selain itu, kata Sudarnoto, Indonesia juga menjadi sponsor utama resolusi Sidang Majelis Umum PBB bagi diterimanya Negara Palestina sebagai ”observer” PBB dan terakhir sebagai anggota penuh PBB.

Bapak JK dan Ibu Retno juga membangun hubungan bilateral yang kuat dengan Palestina, antara lain tercermin pada penyelenggaraan Konferensi Istimewa OKI untuk Palestina di Jakarta pada tahun 2016 yang terlaksana dengan lancar dan sukses.

“Persahabatan bilateral RI-Palestina terus meningkat juga, terlihat pada kunjungan Presiden, Perdana Menteri dan Menlu Palestina ke Jakarta, serta meningkatnya frekwensi pertemuan konsultasi Menlu RI dengan Menlu Palestina di berbagai forum pertemuan tingkat menteri,” tambah Sudarnoto.

Selain itu, lanjut Sudarnoto, kedekatan hubungan persahabatan antartokoh kedua negara juga tercermin pada pertemuan Jusuf Kalla dengan para pemimpin Palestina, baik dari faksi Fatah maupun Hamas.

Baca Juga: Merapi Luncurkan 21 Kali Guguran Lava, Warga Diminta Waspada

“Bapak JK dan Ibu Menlu juga menggalang semangat solidaritas kemanusiaan rakyat Indonesia untuk bangsa Palestina,” tambah Sudarnoto.

Ketua Panitia MUI Mujahid dan Mujahidah Awards Dubes Yuli Mumpuni Widarso menambahkan, acara tersebut dihadiri oleh 250 undangan dari dewan pimpinan MUI, duta besar negara sahabat, para pejabat negara, ormas Islam, lembaga zakat, lembaga filantropi, lembaga kemanusiaan, relawan dan aktivis kemanusiaan, dan lainnya. []

Mi’raj News Agency (MINA)

Baca Juga: Rumah Gizi Luncurkan Program Kesehatan “Healing with Food” Bagi Keluarga Petani

Rekomendasi untuk Anda

Menlu Retno dalam pidatonya di Konferensi Tingkat Tinggi untuk Masa Depan di Markas Besar PBB New York, Amerika Serikat, Senin (23/9/2024) (foto: Infomed Kemlu RI)
Internasional
Indonesia
Indonesia
Dunia Islam
Kolom
Indonesia
Internasional
Indonesia
Internasional