JK: Optimis Indonesia Bisa Jadi Tuan Rumah Olimpiade 2032

Jakarta, MINA – Wakil Presiden RI Jusuf Kalla  menyatakan, kesuksesan penyelenggaraan Asian Games 2018 bisa jadi modal bagus Indonesia untuk jadi tuan rumah Olimpiade 2032.

Dia pun optimis jika Indonesia mampu menjadi tuan rumah kompetisi olahraga multicabang terbesar dan terkemuka di dunia itu, dengan lebih dari 200 negara yang berpartisipasi.

“Sukses Asian Games ini menjadi pelajaran untuk penyelenggaraan event (olah raga) berikutnya. Kalau kita ingin melaksanakan (jadi tuan rumah) Asian Games lagi butuh setengah abad lagi…. Maka yang kita sedang tawarkan (Indonesia) menjadi tuan rumah Olimpiade. Saya yakin kita semua dapat melaksanakannya,” kata Wapres JK dalam sambutannya di acara “Malam Apresiasi Karyawan dan Sponsor” Asian Games 2018 di Jakarta Equestrian International Park, Pulomas, Jakarta, Selasa malam (18/12).

Optimistis Wapres JK berdasar pada keberhasilan Indonesia yang akhirnya mampu menjalankan tugasnya sebagai tuan rumah Asian Games 2018. Dia mengakui sepanjang penyelenggaraannya, sangat minim berita miring soal kekurangan yang muncul di Asian Games 2018.

Wapres JK yang juga menjabat sebagai Ketua Dewan Pengarah Panitia Pelaksana Asian Games 2018 (INASGOC), menyatakan salut dan bangga atas kerja panitia, dalam waktu 2,5 tahun mampu menggelar ajang yang memberikan kebanggaan bagi Indonesia.

“Saya bertanya ke semua orang, bahkan ke media, apa kekurangan Asian Games 2018, namun tidak satupun saya mendapatkan jawaban yang jelek. Semua memuji dan memberi apresiasi tinggi karena dari sarana pertandingan, penyelenggaraan, hingga prestasi berjalan dengan excellent. Oleh sebab itu, Anda semua layak mendapat apresiasi pula,” kata Jusuf Kalla yang disambut tepuk riuh seluruh karyawan INASGOC.

Indonesia mendapat pujian dari dunia internasional atas kesuksesannya jadi tuan rumah Asian Games 2018. Kini, Indonesia pun berniat untuk mengikuti proses mengajukan diri sebagai kandidat tuan rumah Olimpiade 2032.

Atas pencapaian yang di mata Wapres JK bernilai “A-Plus” itu, Ketua Pelaksana INASGOC Erick Thohir menyampaikan rasa syukur dan ucapan terima kasih yang tiada terhingga kepada seluruh panitia pelaksana dan sponsor yang membuat Asian Games 2018 berjalan dengan gemilang.

“Malam ini kita menghargai apa yang kita perjuangkan, bagaimana kita bersatu, bergotong royong demi Indonesia bangga. Oleh sebab itu, saya bersyukur dan berterima kasih atas karya bersama yang sudah kita lakukan sehingga kita bisa berdiri sejajar dan tidak kalah besar dengan bangsa lain. Meski secara fisik panitia akan berpisah, namun secara hati kami tidak bubar dan tetap bersatu untuk Indonesia,” ujar Erick Thohir di depan sekitar 1.000 undangan yang hadir.

Dalam acara yang dihadiri Wapres Jusuf Kalla dan Ibu Mufidah Kalla tersebut, juga tampak Sesmenpora Gatot Dewa Broto, mantan Gubernur Sumatera Selatan Alex Noerdin dan beberapa perwakilan sponsor yang terlibat mensukseskan Asian Games 2018.

Dalam malam apresiasi tersebut juga diberikan penghargaan berupa pin emas kepada perwakilan sponsor, BUMN, kementerian dan lembaga pemerintah, serta Kepolisian dan Tentara Nasional Indonesia atas dukungan yang diberikan pada pelaksanaan Asian Games 2018.

Acara malam apresiasi itu berlangsung meriah. Diisi hiburan dari Project Pop, Cita Citata, dan Judika, serta  diserahkan hadiah undian berupa dua mobil bagi pemegang tiket nonton Asian Games 2018.(L/R01/P1)

Mi’raj News Agency (MINA)