JK: Pembangunan SDM Untuk Kemajuan Papua

Abepura, Papua, MINA – Mantan Wakil Presiden Jusuf Kalla mengatakan,  kemajuan Papua hanya bisa diraih melalui pembangunan Sumber Daya Manusia (SDM).

Menurut Ketua Umum Palang Merah Indonesia (PMI) itu, Papua memiliki sumber daya alam yang sangat melimpah, hanya perlu dikelola dengan baik oleh manusia.

“Papua ini sudah sangat kaya sumber daya alamnya, hanya perlu dikelola dengan baik,” katanya saat bersilaturahim dengan sejumlah pengurus Himpunan Mahasiswa Islam (HMI) dan Keluarga Alumni HMI (Kahmi) Papua di Kota Abepura, Propinsi Papua, Sabtu (14/11).

“Untuk itu saya harap putra putri Papua belajar lebih giat guna mengasah diri. Kalau perlu belajar ke daerah lain di Indonesia biar tahu bagaimana cara mengelola sumber daya alam Papua. Karena kunci kemajuan hanya ada pada peningkatan sumber daya manusianya” tambahnya.

JK juga berharap agar para pendatang di Papua merasa diri sebagai orang asli Papua walaupun asalnya dari mana-mana, karena sudah tinggal dan hidup di Papua.

Selain itu, Kalla yang juga Ketua Umum Dewan Masjid Indonesia (DMI), memuji kehidupan toleransi beragama di Papua yang menurutnya sangat tinggi dan salah satu kehidupan toleransi yang terbaik di Indonesia.

“Tadi saya habis ketemu dengan tokoh-tokoh agama di Papua ini untuk membicarakan perdamaian, Alhamdulillah kehidupan toleransi beragama di Papua sangat tinggi, bahkan bisa dikatakan terbaik di Indonesia,” jelasnya. (R/SR/RS1)

Mi’raj News Agency (MINA)