JK Perkirakan Indonesia Tahun 2022 Benar-Benar Pulih dari Covid-10

Jakarta, MINA – Ketua Umum Palang Merah (PMI) (JK) mengatakan, diperkirakan butuh waktu sampai tahun 2022 bagi Indonesia untuk benar-benar pulih dari Pandemi .

“Kalau ditanya kapan kira-kira Pandemi Covid-19 ini selesai, maka saya perkirakan di Indonesia baru bisa selesai pada tahun 2022. Karena yang bisa menyelesaikan ini hanya , dan test klinis vaksin itu baru bisa keluar antara Januari – Februari 2021 dan mulai produksi Maret,” katanya saat memberikan pengarahan kepada pengurus dan relawan Covid-19 PMI Bali di Markas PMI Bali, Sabtu (31/10).

Ia mejelaskan, untuk melakukan vaksinasi kepada 1 juta populasi per hari bukanlah pekerjaan mudah, mengingat untuk melakukan test Covid-19 kemampuan Indonesia hingga saat ini maksimum hanya 30 ribu specimen per hari.

Untuk itu, JK memperkirakan kemampuan pemberian vaksin pada pertengahan tahun depan hanya bisa diberikan kepada 500 ribu orang setiap harinya.

Selain itu, JK juga mengingatkan kepada segenap relawan PMI untuk lebih intensif lagi melakukan penyemprotan disinfektan untuk memutus mata rantai penularan dan masyarakat diserukan untuk lebih disiplin lagi menjalankan protokol kesehatan.

Dalam rangka pemberian vaksin kepada masyarakat, JK mengatakan, PMI telah menyiapkan 230 Unit Donor Darah yang tersebar di wilayah Indonesia sebagai Pos Pemberian Vaksin, disertai ribuan tenaga. (R/SR/P1)

Mi’raj News Agency (MINA)