JK: Tanpa Ulama, Bangsa Tak Punya Pegangan Yang Baik

Jakarta, 2 Dzulqa’dah 1437/5 Agustus 2016 (MINA) – Wakil Presiden HM Jusuf Kalla mengatakan, Ulama mempunyai peran penting dalam membimbing umat dan masyarakat di Indonesia.

“Para ulama cendikiawan muslim perlu mendapatkan terimakasih, karena tanpa para ulama, bangsa ini tidak punya pegangan yang baik, tanpa ulama kita tidak mempunyai harapan yang baik”.

“Kami berterima kasih kepada Majlis Ulama Indonesia (MUI) yang menjaga semangat bangsa, yang menjadi pengawas, wasit dan pendorong semangat,” kata JK dalam sambutannya menghadiri Acara Tasyakuran Milad ke-41 MUI dan Grand Launching Islamic Development Fund MUI (IDF-MUI) di Balai Kartini, Jakarta Selatan, Kamis (4/8).

Dikatakannya “Indonesia patut bersyukur karena kondisinya lebih baik dibandingkan warga di sejumlah negara. JK mencontohkan konflik di Timur Tengah yang menjadi cobaan bagi umat muslim.

“Tahun-tahun ini di mana umat Islam penuh air mata di Timur Tengah, Afrika, beberapa tempat di Asia. kita doakan segala musibah Insya Allah dapat berakhir dengan baik,” imbuhnya.

JK juga berharap peran membimbing masyarakat untuk menjalani kehidupan sesuai ajaran agamanya untuk menciptakan kondisi yang lebih baik.

Kemudian JK juga memaparkan program pemerintah mendirikan Universitas Islam Internasional Indonesia. Hadirnya universitas ini diharapkan bisa menjadi pusat kajian studi Islam.

“Kita harus berbuat lebih baik lagi. Sering kita katakan umat Islam di Indonesia kita banggakan antara lain karena dua hal, (yaitu) jumlah yang banyak dan sifatnya yang toleran,” demikian Wakil Presiden.  (L/P002/P2)

Mi’raj Islamic News Agency (MINA)