Joint List Kecam Gantz yang Setujui Pemerintahan Persatuan dengan Netanyahu

Yerusalem, MINA – Anggota-anggota parlemen dari fraksi koalisi menyatakan kemarahan dan mengutuk Ketua Partai Biru-Putih , sekutu mereka,  karena membentuk baru yang membuat tetap menjadi Perdana Menteri, sementara Gantz menjadi Ketua Parlemen (Knesset)..

Fraksi tidak tahu apa-apa tentang langkah untuk mencalonkan Gantz ke posisi ketua Knesset, lapor Israel Hayom.

Mantan Kepala Staf Militer Israel itu terpilih sebagai ketua Knesset pada Kamis (26/3) dalam sebuah langkah mengejutkan dengan dukungan blok sayap kanan pimpinan Netanyahu, sebuah perkembangan yang memecah Partai Putih dan Biru.

“Kami akan memimpin oposisi kepada pemerintah yang terus menghasut, rasisme,,” kata Anggota Joint List MK Yousef Jabareen.

MK Ofer Cassif, yang juga anggota Joint List, turut mengecam langkah Benny Gantz dengan mengatakan bahwa Benny Gantz memilih untuk mencuri mandat dan membuka jalan bagi pemerintahan etno-fasis yang dipimpin oleh Netanyahu yang sedang jadi terdakwa di pengadilan.

“Saya memperingatkan Gantz dan siapa pun yang berpikir untuk bergabung dengannya, jalan ini akan membawa bencana, bukan hanya bagi kami tetapi juga untuk Anda. Untuk seluruh masyarakat Israel,” katanya.

Menurut Arutz Sheva, Ahmad Tibi juga menyatakan kekecewaannya atas keputusan Gantz karena menurutnya, Gantz “merangkak dengan perutnya” dan bergabung dengan pemerintah yang dipimpin oleh Likud adalah sangat memalukan.

Kritik pada Gantz  tidak hanya datang dari internal Joint List yang didominasi orang Arab, tetapi juga salah satu sekutu terdekatnya di Partai Biru dan Putih, Yair Lapid. Ia, mengecam keputusan Gantz sebagai pengkhianatan pada para pemilih partai, dengan mengatakan “suara mereka dicuri dan diberikan sebagai hadiah untuk Netanyahu.”

“Benny Gantz memutuskan hari ini untuk memecah Biru dan Putih dan merangkak ke pemerintahan Netanyahu. Ini keputusan yang mengecewakan,” kata Lapid, berbicara di Tel Aviv Kamis malam.

“Apa yang sedang dibentuk hari ini bukanlah pemerintahan persatuan dan bukan pemerintahan darurat. Ini adalah pemerintahan Netanyahu yang lain,” ujarnya.

Gantz membela diri dalam pidatonya setelah ia terpilih sebagai ketua knesset dengan dukungan blok sayap kanan Netanyahu, mengatakan itu adalah “hal yang tepat untuk dilakukan saat ini.”

“Ini bukan waktu yang normal dan mereka menyerukan keputusan yang tidak biasa,  oleh karena itu saya mendukung  pembentukan pemerintah persatuan nasional darurat,” ujarnya. (T/R7/RS3)

Mi’raj News Agency (MINA)

Wartawan: sri astuti

Editor: Ismet Rauf

Ikuti saluran WhatsApp Kantor Berita MINA untuk dapatkan berita terbaru seputar Palestina dan dunia Islam. Klik disini.