Jokowi Ajak Biden Investasi Energi Terbarukan di Indonesia

(Foto: BPMI Setpres/Laily Rachev)

Glasgow, MINA – Presiden RI Joko Widodo mengajak Presiden Amerika Serikat (AS) Joe Biden untuk melakukan investasi pada energi baru dan terbarukan termasuk pengembangan ekosistem mobil listrik dan baterai lithium.

“Saya harapkan dukungan AS melalui investasi yang mempercepat transisi energi, khususnya teknologi rendah karbon,” kata Jokowi kepada Biden saat melakukan pertemuan bilateral di Scottish Event Campus (SEC), Glasgow, Skotlandia, seperti dikutip dari Setkab.go.id, Kamis (4/11).

Presiden Jokowi menyebut, telah mencanangkan transformasi Indonesia menuju energi baru dan terbarukan, serta akselerasi ekonomi berbasis teknologi hijau.

Jokowi menekankan komitmen Indonesia dalam mengurangi emisi karbon. Indonesia telah menunjukkan hasil yang baik dalam menurunkan tingkat deforestasi secara signifikan dan tingkat kebakaran hutan yang berada pada titik paling rendah dalam 20 tahun.

Sementara itu, Biden memuji peran Indonesia di kawasan Indo-Pasifik dan seluruh dunia serta menyatakan optimisme dalam bekerja sama dalam keketuaan atau Presidensi Indonesia di KTT G20 tahun depan.

“Negara kita juga memiliki komitmen bersama yang kuat terhadap nilai-nilai demokrasi kita dan respek terhadap supremasi hukum dan ketertiban dunia. Mulai dari mengatasi krisis iklim hingga mengakhiri pandemi COVID-19, sampai menegakkan kebebasan berlayar. Tidak ada tantangan global sekarang ini yang tidak diuntungkan dari kerja sama Indonesia dan Amerika Serikat,” kata Biden seperti dikutip dari Voice of America. (T/RE1/P2)

Mi’raj News Agency (MINA)