INDONESIA AJAK NEGARA ASIA-AFRIKA BERANTAS NARKOBA

Presiden Joko Widodo saat membuka sidang KTT pada peringatan ke-60 KAA di Jakarta, Rabu. Foto: Rina/MINA
saat membuka sidang KTT pada peringatan ke-60 di Jakarta, Rabu. Foto: Rina/MINA

Jakarta, 3 Rajab 1436/22 April 2015 (MINA) – Presiden RI Joko Widodo menyinggung soal perang melawan narkoba dalam pidato pembukaan Konferensi Tingkat Tinggi (KTT) Peringatan 60 Tahun Konferensi Asia Afrika (KAA) di Jakarta Convention Center (), Rabu (22/4).

“Kita harus memerangi narkoba, karena narkoba merupakan musuh kita bersama,” kata Presiden Joko Widodo dalam pidato yang disampaikan dalam Bahasa Indonesia.

Usai menyampaikan pidato sekitar 10 menit itu, Presiden Joko Widodo kembali menempati tempat duduknya. Presiden duduk diapit PM Jepang Shinzo Abe dan Presiden China Xi Jinping.

Acara pembukaan sendiri dimuali pada pukul 09.15 WIB, setelah Presiden menerima tamu terakhir dan foto bersama.

Usai menyampaikan pidato pembukaan, para kepala negara mengikuti sesi sidang para kepala negara Asia-Afrika. Jokowi sendiri mengikuti pertemuan bilateral dengan sejumlah kepala Negara.

Dalam laporannya pada pembukaan itu, Menlu Indonesia Retno Marsudi menyampaikan sejauh ini siding berhail dilalui para delegai dengan baik.

KTT telah didahului oleh pertemuan Senior Official Meeting (SOM) berlangsung dengan alot pada 19 April 2015 di JCC. Pertemuan berakhir mundur beberapa jam dari waktu yang sudah ditentukan karena beberapa isu yang masih belum menemukan kesepakatan.

Hari kedua konferensi dilanjutkan pertemuan tingkat menteri yang berlangsung pada 20 April 2015, dilanjutkan pula dengan pertemuan maraton Asian African Business Summit (AABS) sampai pagi ini.

Setidaknya 39 kepala negara dan kepala pemerintahan tiba di Jakarta untuk menghadiri puncak perayaan ke-60 KAA yang akan berlangung sampai 24 April mendatang.

Saat berita ini ditulis, para kepala negara sedang membahas draf akhir mengenai tiga dokumen utama yang akan menjadi tujuan dari peringatan KAA ke-60 ini.(L/R04/R03/R05-P2)

 

Mi’raj Islamic News Agency (MINA)

 

Wartawan: Rudi Hendrik

Editor: Ismet Rauf

Ikuti saluran WhatsApp Kantor Berita MINA untuk dapatkan berita terbaru seputar Palestina dan dunia Islam. Klik disini.

Comments: 0